Selasa, 11 Oktober 2022

RPP Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

 

Sekolah                                 : SDN 17 Senseng

Kelas/Semester                     : VI/ I

Tema                                     : 5. Wirausaha

Subtema                                : 1. Usaha di Sekitarku

Pembelajaran ke-                                                                                                           : 6

Materi Pokok                        : 1. Teks formulir pendaftaran.

 2. Keberagaman wirausaha masyarakat.

Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit (2JP)

                                               

A.  Kompetensi Inti

KI-1

:

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.

KI-3

:

Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, mananya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

KI-4

:

Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan Tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Muatan Pembelajaran     : B. Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

3.6.1. Menjelaskan cara mengisi teks  formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya. (C1)

3.6.2. Menemukan langkah membuat teks  formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya. (C4)

4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.

4.6.1. Membuat teks formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya. (P3)

 

Muatan Pembelajaran     : PPKn

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

3.3.1. Menemukan contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. (C4)

3.3.2. Menjelaskan sikap positif menghargai keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. (C2)

4.3 Mengampanyekan manfaat keanekaragaman sosial, budaya, dan ekonomi.

4.3.1. Menyajikan tabel contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. (P3)

 

 

 

 

 

               

C.  Tujuan Pembelajaran

1.     Setelah menyimak teks formulir pendaftaran, siswa dapat menjelaskan 3 cara mengisi teks formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya dengan tepat.

2.     Setelah menyimak power point, siswa dapat menemukan 3 langkah membuat teks formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya dengan tepat.

3.     Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat membuat teks  formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya dengan mandiri.

4.     Setelah mengamati video pembelajaran keberagaman wirausaha, siswa dapat menemukan 3 contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

5.     Setelah mengamati video pembelajaran keberagaman wirausaha, siswa dapat menjelaskan 2 sikap positif dalam menghargai keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari.

6.     Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat menyajikan tabel contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari dengan teliti.

 

D.  Materi Pembelajaran

1.     Teks formulir pendaftaran.

2.     Keberagaman wirausaha masyarakat.

 

E.  Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran

1.   Model                            : Konstektual

(Melaksanakan kegiatan inkuiri, mengembangkan sifat ingin tahu, menciptakan masyarakat belajar, menghadirkan model, melakukan refleksi dan melakukan penilaian)

2.   Pendekatan                    : Saintifik

(Mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasan)

3.   Metode Pembelajaran   : Tanya Jawab, penugasan dan diskusi.

 

F.  Media dan Bahan Pembelajaran

1.   Media Pembelajaran     : Slide power point, video pembelajaran keberagaman wirausaha,

tabel dari kertas manila, dan teks formulir pendaftaran.

2.   Bahan Pembelajaran     : Penggaris, Kertas HVS, pensil, penghapus pensil dan cat warna.

 

G. Sumber Belajar

 

Anggari, A.S., Afriki, Wulan, D.R., Puspitawati, N., Khasanah, L.M., dan Hendriyeti, N. 2018. Buku Pedoman Guru Tema 5 Wirausaha : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI.  Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Halaman 52-56.

 

Anggari, A.S., Afriki, Wulan, D.R., Puspitawati, N., Khasanah, L.M., dan Hendriyeti, N. 2018. Buku Siswa Tema 4 Wirausaha : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI.  Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Halaman 59-62.

 

Video pembelajaran dari YouTube https://www.youtube.com/watch?v=T0ibHRGAJQM&t=10s diunduh pada 25 September 2022.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H. Langkah-langkah Pembelajaran

 

Kegiatan

Uraian Kegiatan

Jumlah Waktu

Pendahuluan

1.     Kegiatan pembelajaran dimulai dengan salam serta menanyakan kabar siswa.

2.     Kegiatan dilanjutkan dengan berdoa. (Doa dipimpin oleh siswa yang datang paling awal). (menanamkan sikap religius).

3.     Mengecek kesiapan siswa dan mengisi lembar kehadiran serta memeriksa kerapian pakaian siswa.

4.     Melakukan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi pembelajaran hari ini.

a.     Anak-anak pernakah kalian mengikuti acara perlombaan?

b.     Sebelum mengikuti perlombaan, apa yang harus kalian lakukan supaya menjadi peserta perlombaan?

5.     Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari ini. (Dengan menyimak teks formulir pendaftaran kalian dapat menjelaskan 3 cara mengisinya dan menemukan langkah membuat formulir, setelah menyimak video kalian dapat menemukan 3 contoh keberagaman wirausaha dan menyajikan dalam bentuk tabel)

10 menit

Inti

Langkah 1

Melaksanakan kegiatan inkuiri

 

 

Langkah 2

Mengembangkan sifat ingin tahu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 3

Menciptakan masyarakat belajar

Langkah 4

Menghadirkan model

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 5

Melakukan refleksi

 

Pengulangan langkah 1

Melaksanakan kegiatan inkuiri

 

Pengulangan langkah 2

Mengembangkan sifat ingin tahu

 

 

 

 

 

Pengulangan langkah 4

Menghadirkan model

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengulangan langkah 5

Melakukan refleksi

 

Langkah 6

Melakukan penilaian yang sebenarnya

 

1.     Siswa mengamati formulir pendaftaran yang disajikan oleh guru. (Mengamati)

2.     Siswa bertanya tentang teks apa yang disajikan oleh guru. (Menanya)

 

3.     Siswa menyimak pertanyaan guru tentang informasi yang ada di dalam teks formulir pendaftaran yang disajikan guru.

4.     Siswa menjelaskan informasi yang terdapat pada teks formulir pendaftaran yang telah disimak. (Mencoba)

5.     Siswa menjelaskan 3 cara mengisi teks formulir pendaftaran yang telah disimak. (Mengkomunikasikan)

6.     Siswa menyimak tayangan power point tentang teks formulir pendaftaran.

7.     Siswa menemukan 3 langkah untuk membuat teks formulir pendaftaran. (Menalar)

8.     Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara membuat teks formulir pendaftaran yang baik.

 

9.     Siswa duduk dalam kelompok belajar yang telah dibagi oleh guru.

 

 

10.  Siswa menyimak petunjuk perencaan produk  yang akan dihasilkan dari kegiatan diskusi, yaitu teks formulir pendaftaran.

11.  Siswa menerima dan menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan oleh guru.

12.  Siswa dan teman sekelompok melakukan diskusi membuat teks formulir pendaftaran berdasarkan petunjuk dalam LKPD.

13.  Diskusi siswa dibimbing oleh guru, guru berkeliling untuk melihat proses diskusi seluruh kelompok belajar dan menanyakan kesulitan siswa dari tugas yang diberikan.

14.  Setelah semuanya selesai, setiap perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk mengumpukan teks formulir pendaftaran yang telah dibuat.

15.  Kelompok yang lain memberikan tanggapan dari hasil penyajian temannya.

 

16.  Meluruskan jawaban siswa yang belum tepat.

17.  Bersama siswa merangkum seluruh jawaban hasil diskusi kelompok belajar.

 

18.  Siswa mengamati video keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari. (Mengamati)

19.  Siswa bertanya jawab apa itu keberagaman wirausaha. (Menanya)

 

20.  Siswa menyimak pertanyaan tentang apa perbedaan dari keberagaman ekonomi dan keberagaman wirausaha.

21.  Siswa menjawab tentang perbedaan dari keberagaman ekonomi dan keberagaman wirausaha. (Mencoba)

22.  Siswa menemukan 3 contoh keberagaman wirausaha yang ada dikehidupan sehari-hari. (Menalar)

23.  Siswa menjelaskan 2 sikap positif dalam menghargai keberagaman wirausaha yang telah ditemukan.

 

24.  Siswa menyimak petunjuk perencanaan produk yang akan dihasilkan yaitu tabel keberagaman wirausaha dan sikap positif dalam menghargainya.

25.  Siswa menerima dan menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan oleh guru.

26.  Siswa dan teman sekelompok melakukan diskusi membuat dan mengisi tabel contoh keberagaman wirausaha dan sikap positif dalam menghargai berdasarkan petunjuk dalam LKPD.

27.  Diskusi siswa dibimbing oleh guru, guru berkeliling untuk melihat proses diskusi seluruh kelompok belajar.

28.  Setiap perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk menyajikan tabel tentang contoh keberagaman wirausaha dan sikap positif menghargainya dari hasil diskusi kelompok. (Mengkomunikasikan)

29.  Kelompok yang lain memberikan tanggapan dari hasil penyajian temannya.

30.  Meluruskan jawaban siswa yang belum tepat.

 

31.  Bersama siswa merangkum seluruh jawaban hasil diskusi kelompok belajar.

32.  Memberikan reward kepada kelompok terbaik 1, 2, dan 3.

 

33.  Siswa mengerjakan soal evaluasi.

55 menit

Penutup

1.     Siswa bersama guru merangkum dan menyimpulkan pembelajaran.

2.     Siswa dan guru melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

a.     Anak-anak apa yang kalian pelajari hari ini?

b.     Kegiatan apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini?

c.     Apa yang belum kalian pahami dari pembelajaran hari ini?

3.     Memberikan tindak lanjut dengan menyampaikan pembelajaran selanjutnya. (Subtema 2 Pembelajaran 1)

4.     Memberikan nasihat agar mengulangi kembali mempelajari materi di rumah.

5.     Kegiatan pembelajaran di akhiri dengan membaca doa dan salam.

5 menit

 

I.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan

1.   Teknik Penilaian

a.   Penilaian Sikap                     : Observasi

b.   Penilaian Pengetahuan         : Pengukuran

c.   Penilaian Keterampilan        : Observasi unjuk kerja

 

2.   Instrumen Penilaian

a.   Penilaian Sikap

1)  Sikap Spiritual

Butir sikap: Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

Petunjuk: Guru mengamati sikap siswa saat berdoa saat pembelajaran berlangsung.

 

Nomor

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a)   Sikap Sosial

a)     Percaya diri

b)    Kerja sama

Petunjuk: Guru mengamati sikap sosial percaya diri dan kerja sama saat pembelajaran berlangsung.

 

Nomor

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian Pengetahuan

1)  Perintah soal

a)     Kerjakan soal berikut dengan memberi tanda silang (X) di depan jawaban a, b, c, atau d dengan jawaban yang tepat.

 

b)    Kisi-kisi soal

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Soal

Level kognitif

Nomor soal

Bentuk Soal

1

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

3.6.1. Menjelaskan cara mengisi teks  formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya.

3.6.2. Menemukan langkah membuat teks  formulir pendaftaran untuk berbagai tujuan dan kegiatan berserta petunjuknya.

Disajikan sebuah data, siswa dapat menentukan urutan mengisi formulir berdasarkan data.

C3

1

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah formulir, siswa dapat menentukan jenis formulir.

C3

2

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah data diri beserta teks formulir, siswa dapat menentukan urutan untuk mengisi teks formulir pendafataran.

C3

3

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks formulir, siswa dapat menemukan fungsi petunjuk dalam teks formulir.

C4

4

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks formulir, siswa dapat menentukan jenis formulir yang disajikan.

C3

5

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks formulir, siswa dapat memilih data untuk mengisi teks formulir.

C1

6

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah petunjuk teks formulir, siswa dapat menentukan data yang sesuai petunjuk.

C3

7

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks, siswa dapat menentukan teks formulir yang sesuai dengan ilustrasi teks.

C4

8

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks, siswa dapat menemukan 3 langkah membuat formulir yang sesuai dengan ilustrasi teks.

C4

9

Pilihan Ganda

2

PPKn

3.3 Menelaah keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat.

 

3.3.1. Menemukan contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari.

3.3.2. Menjelaskan sikap positif menghargai keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menemukan sikap positif dalam berwirausaha.

C4

10

Pilihan Ganda

Disajikan 5 buah gambar, siswa dapat menemukan kegiatan wirausaha.

C4

11

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah sikap dalam berwirausaha, siswa dapat memilih sikap postif seorang wirausaha.

C2

12

Pilihan Ganda

Disajikan 5 pernyataan, siswa dapat menemukan sifat-sifat seorang wirausaha.

C4

13

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah contoh wirausaha bidang yang sama, siswa dapat menemukan sikap positif menghargai.

C4

14

Pilihan Ganda

Disajikan dua buah gambar, siswa dapat menemukan manfaat dari keberagaman wirausaha.

C4

15

Pilihan Ganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2)  Soal

 

Petunjuk soal:

Perhatikan data di bawah ini dengan teliti!

Bayu Saputra akan mengikuti lomba tari antar sekolah. Dia harus mengisi formulir peserta.

Formulir yang diisikan sebagai berikut.

Data:

1)    Islam

2)    Jalan Limau Manis

3)    Bayu Saputra

4)    Sambas, 31 Desember 2002

5)    SD Negeri 21 Mawar

6)    Laki-laki

 

Data Diri Peserta Lomba Tari

Nama lengkap                   : ……………..

Tempat, tanggal lahir        : ……………..

Jenis kelamin                    : ……………..

Alamat                              : ……………..

Agama                              : ……………..

Asal sekolah                     : ……………..

 

1.     Berdasarkan formulir di atas, data yang diperlukan untuk pengisian formulir yang tepat sesuai urutan adalah ….

a.     3), 4), 6), 1), 2), 5)

b.     3), 4), 6), 2), 1), 5)

c.     3), 4), 1), 6), 2), 5)

d.     3), 4), 6), 5), 1), 2)

 

Petunjuk soal:

Pehatikan formulir di bawah ini dengan teliti!

2.     Berdasarkan formulir di atas, termasuk jenis formulir….

a.     formulir pendaftaran

b.     formulir pembayaran

c.     formulir pelanggaran

d.     formulir pengiriman barang

 

Petunjuk soal:

Perhatikan teks di bawah ini!

Aris ingin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Ia harus mengisi formulir berupa data diri anggota. Data yang diisikan sebagai berikut.

Data:

  1. Jalan Sukamaju, Tasikmalaya
  2. Islam
  3. Aris
  4. SD
  5. Singkawang, 1 Juli 2003

Data Diri Anggota Pramuka

1. Nama                                   :……………

2. Tempat & tanggal lahir       :……………

3. Pendidikan                          :……………

4. Agama                                 :……………

5. Alamat rumah                     :……………

3.     Berdasarkan formulir pendaftaran di atas, data yang diperlukan untuk mengisi data diri anggota pramuka yang tepat sesuai sesuai urutan adalah ….

a.     3-2-4-1-5

b.     3-5-4-2-1

c.     3-4-5-2-1

d.     3-4-2-1-5

 

Petunjuk soal:

Perhatikan bagian formulir berikut dengan teliti!

4.     Berdasarkan formulir di atas, pada bagian bawah diberi petunjuk berguna sebagai….

a.     panduan supaya tidak terjadi kesalahan dalam pengisian formulir

b.     contoh tulisan dalam pengisian formulir sebagai panduan

c.     panduan identitas diri untuk mengisi formulir

d.     data harus yang harus diisi dalam formulir

 

 

 

 

 

Petunjuk soal:

Bacalah cuplikan informasi berikut!

Fazri Deas dilahirkan di Pontianak, 2 Agustus 2009. Ia tinggal di Dusun Senseng Desa Segedong Kecamatan Tebas. Fazri Deas adalah kelas VI di SD Pertiwi. Fazri Deas memilih kegiatan ekstrakurikuler Pramuka untuk menambah wawasannya. Ketika mendaftarkan diri Fazri Deas harus mengisi formulir berikut:

Nama lengkap                        (1)

Tempat, tanggal lahir             (2)

Kelas                                      (3)

 Alamat                                   (4)

 Ekstrakurikuler                      (5)

 

 

5.     Berdasarkan data di atas, data isian yang tepat untuk mengisi formulir nomor 2 dan 5 adalah….

a.     Kecamatan Tebas, 2 Agustus 2009 dan Pramuka

b.     Pontianak, 2 Agustus 2009 dan Pramuka

c.     Fazri Deas, dan SD Pertiwi

d.     VI dan SD Pertiwi

 

Petunjuk soal:

Perhatikan contoh formulir di bawah ini!

Berdasarkan formulir di atas, digunakan untuk mendaftar sebagai….

a.     siswa baru

b.     peserta lomba

c.     anggota perpustakaan

d.     anggota ekstrakurikuler

 

 

 

 

 

Petunjuk soal:

Perhatikan teks formulir di bawah ini!

6.     Ani ingin mengikuti kegiatan menari dan bulu tangkis. Dua kegiatan tersebut dituliskan pada bagian ….

a.     nama

b.     kelas

c.     nomor induk siswa

d.     ekstrakurikuler yang ingin diikuti

 

Petunjuk soal

Bacalah petunjuk teks formulir di bawah ini!

7.     Berdasarkan petunjuk di atas, data berikut yang sesuai dengan petunjuk adalah….

a.     Nama                   : Andri

Alamat rumah      : Desa Tebas Kecamatan Tebas

Alamat sekolah    : Desa Tebas Kecamatan Tebas

Tujuan                 : Ingin menambah pengalaman.

 

                                                                                         Tanda Tangan

 

                                                                                         Andri

b.     Nama                   : Andri

Alamat rumah      : Desa Tebas Kecamatan Tebas Kode Pos 79461

Alamat sekolah    : Desa Tebas Kecamatan Tebas

Tujuan                 : Ingin menambah pengalaman.

 

                                                                                         Tanda Tangan

                                                                                             

                                                                                         Andri

c.     Nama                   : Andri

Alamat rumah      : Desa Tebas Kecamatan Tebas Kode Pos 79461

Alamat sekolah    : Desa Tebas Kecamatan Tebas Kode Pos 79461

Tujuan                 : Ingin menambah pengalaman.

 

                                                                                         Tanda Tangan

 

                                                                                         Andri

d.     Nama                   : Andri

Alamat rumah      : Dusun Melati RT 01 RW 01 Desa Tebas Kecamatan Tebas Kode Pos 79461

Alamat sekolah    : Dusun Melati RT 01 RW 01 Desa Tebas Kecamatan Tebas Kode Pos 79461

Tujuan                 : Ingin menambah pengalaman.

 

                                                                                         Tanda Tangan

 

                                                                                         Andri

Petunjuk soal:

Bacalah teks di bawah ini! Teks berikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!


Ketua Karang Taruna Desa Suka Makmur ingin mengadakan perlombaan hari kemerdekaan.
Ia memerintahkan sekretaris Karang Taruna untuk membuat formulir pendaftaran peserta lomba. Lomba yang akan dipertandingkan yaitu sepeda hias, tari solo, membaca puisi kemerdekaan, dan lomba karung.

8.     Berdasarkan teks di atas, formulir yang sesuai untuk digunakan dalam pendaftaran lomba adalah….

a.    

 

 

 

 

b.    

 

 

 

 

 

 

c.    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d.    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.     Berdasarkan teks di atas, langkah-langkah untuk membuat teks formulir pendaftaran berdasarkan ilustrasi di atas adalah….

a.     menentukan tujuan formulir yang akan dibuat, menentukan data yang ingin dicatat, dan membuat petunjuk pengisiannya

b.     menentukan tema formulir yang akan dibuat, mencari sumber data yang diperlukan, dan memberikan tanda tangan

c.     menentukan formulir yang akan dibuat, menuliskan identitas diri yang diperlukan, dan menuliskan nama dan tanda tangan

d.     menentukan tema formulir yang akan dibuat, menyiapkan data-data yang diperlukan, dan menuliskan data-data yang diperlukan

Petunjuk soal:

Bacalah pernyataan di bawah ini!

Keberanian untuk menjadi penjual keripik singkong yang terkesan murahan dan dianggap sebagai makanan tradisional perlu diacungi jempol.

 

  1. Berdasarkan penyataan di atas, sikap positif yang dimiliki tokoh dalam mengembankan usahanya adalah….

a.     pantang menyerah

b.     mudah putus asa

c.     keberanian dalam usaha

d.     keyakinan yang kurang

 

Petunjuk soal:

Perhatikan gambar di bawah ini!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


11. Berdasarkan gambar di atas, yang termasuk kebergaman wirausaha ditunjukkan pada nomor….

a.     1, 2, dan 3

b.     1, 3, dan 4

c.     2, 3, dan 4

d.     2, 3, dan 5

 

  1. Sebagai seorang wirausaha, kita harus mempunyai rasa tanggung jawab. Berikut adalah contoh bentuk tanggungjawab seorang wirausaha terhadap produk/ jasa yang dihasilkan adalah….

a.     membuang limbah hasil usaha ke sungai sekitar tempat usaha

b.     membuat produk/ jasa asal laku di pasaran tanpa melihat kualitas

c.     melakukan inovasi agar produk/ jasa yang dihasilkan semakin berkualitas

d.     meningkatkan persaingan tidak sehat dengan pengusaha lain untuk memajukan usahanya

 

Petunjuk soal:

Bacalah pernyataan di bawah ini!

1) memiliki keyakinan dan optimisme

2) suka dengan tantangan

3) memiliki kreativitas

4) memiliki modal yang kuat

5) menciptakan lapangan pekerjaan

 

  1. Berdasarkan pernyataan di atas, sifat-sifat yang dibutuhkan oleh seorang wirausaha ditunjukkan oleh nomor….

a.     1, 2, dan 4

b.     2, 3, dan 5

c.     1, 2, dan 3

d.     3, 4, dan 5

 

Petunjuk Soal

Bacalah teks di bawah ini!

 

Budi adalah seorang wirausaha pembuatan tempe di kampung halamannya. Setelah beberapa tahun ia menjalani usahanya, datang seorang tetangga dari luar daerah untuk membuka usaha tempe juga, karena memang sebelumnya ia juga seorang usaha penjual tempe di kampungnya dulu.

 

  1. Berdasarkan teks di atas, sikap yang baik terhadap seseorang yang ingin berwirausaha dalam bidang yang sama dengan kita adalah ….
    a. menghalangi karena akan merugikan kita
    b. mendukung dan memberi dorongan semangat
    c. tidak melarang karena merupakan hak asasi
    d. menjadikan orang tersebut sebagai musuh

 

Petunjuk Soal:

Perhatikan gambar di bawah ini!

  1. Berdasarkan gambar di atas, bagaimana keberagaman usaha dapat membantumu?

a.     Ojek online memudahkan kita dalam memesan dan mengantar makanan. Sedangkan warung membantu kita menyediakan kebutuhan sehari-hari.

b.     Ojek online dapat membeli barang-barang kebutuhan sehari di warung sembako dan warung mendapatkan keuntungan.

c.     Pemilik warung sembako akan menerima keuntungan dari barang-barang yang dibeli dari tokonya.

d.     Ojek online dapat mengantar kita ke tempat tujuan yang kita inginkan.

 

 

3)  Kunci jawaban

Nomor

Kunci Jawaban

1.

B

2.

A

3.

B

4.

A

5.

B

6.

A

7.

D

8.

D

9.

A

10.

C

11.

D

12.

A

13.

C

14.

B

15.

A

 

4)  Pedoman penskoran

Nomor

Skor

1.

1

2.

1

3.

1

4.

1

5.

1

6.

1

7.

1

8.

1

9.

1

10.

1

11.

1

12.

1

13.

1

14.

1

15.

1

Skor maksimal 15

Nilai =  x 100

 

c.   Penilaian Keterampilan

1)  Petunjuk kerja

a)     Buatlah sebuah formulir pendaftaran untuk kegiatan ekstrakurikuler beserta petunjuk pengisiannya.

b)    Sajikanlah berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk peta pikiran.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2)    Rubrik penilaian

Menyajikan formulir pendaftaran yang dibuat dinilai dengan rubrik dinilai dengan rubrik.

No.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

 

(3)

Cukup

 

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

1.

Petunjuk pengisian formulir

Memuat 6 petunjuk pengisian formulir dengan kalimat tepat dan jelas.

Memuat 5 petunjuk pengisian formulir dengan kalimat tepat dan jelas.

Memuat 4 petunjuk pengisian formulir dengan kalimat tepat dan jelas.

Memuat 3 petunjuk pengisian formulir dengan kalimat tepat dan jelas.

2.

Tampilan formulir

Formulir berbentuk sistematis, menarik, tulisan tidak keluar dari kotak serta tidak banyak coretan

Formulir berbentuk sistematis, menarik, tulisan tidak keluar dari kotak namun terdapat coretan

Formulir berbentuk sistematis, menarik, tulisan keluar dari kotak serta terdapat coretan

Formulir berbentuk sistematis namun kurang menarik, tulisan keluar dari kotak    serta terdapat coretan

 

Menyajikan tabel berbagai contoh keberagaman wirausaha  dan sikap positif menghargainya dalam kehidupan sehari-hari dinilai dengan rubrik.

No.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

 

(3)

Cukup

 

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

1

Isi tabel

Memuat 4 contoh keberagaman wirausaha beserta cara menghargainya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Memuat 3 contoh keberagaman wirausaha beserta cara menghargainya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Memuat 2 contoh keberagaman wirausaha beserta cara menghargainya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

Memuat 1 contoh keberagaman wirausaha beserta cara menghargainya dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

2

Tampilan tabel

Tabel berbentuk sistematis, menarik, tulisan tidak keluar dari kotak serta tidak banyak coretan.

Tabel berbentuk sistematis, menarik, tulisan tidak keluar dari kotak namun terdapat coretan

Tabel berbentuk sistematis, menarik, tulisan keluar dari kotak serta terdapat coretan

Tabel berbentuk sistematis namun kurang menarik, tulisan keluar dari kotak serta terdapat coretan

3

Menyajikan tabel

Menyajikan tabel secara runtut, keseluruhan, sesuai  baris dan kolom serta tidak berulang.

Menyajikan tabel secara runtut, keseluruhan, tidak  sesuai baris dan kolom serta tidak

berulang.

Menyajikan tabel secara runtut, keseluruhan, tidak tidak  sesuai baris dan kolom serta terdapat pengulangan.

Menyajikan tabel secara runtut, tidak keseluruhan, tidak tidak  sesuai baris dan kolom  serta terdapat pengulangan.

 

3)  Pedoman penskoran

Nilai =  x 100

 

3.   Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran

a.     Pembelajaran Remedial

Siswa yang belum mampu menyajikan formulir pendaftaran dan menyajikan peta pikiran berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari diberikan pembelajaran ulang dengan bimbingan guru.

 

b.     Pengayaan Pembelajaran

Siswa yang sudah mampu menyajikan formulir pendaftaran dan menyajikan peta pikiran berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari diberikan soal latihan lain.

 

 

 

Sambas17 November 2022

Mengetahui,                                                            Guru Kelas,

                        Kepala Sekolah

 

 

GUSTIAN, S.Pd.                                                    ALLATIF, S.Pd.

NIP 197203072008011009                                     NIP 199407032019021002

 


0 komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Dalam modul 3.1.a.8 materi Koneksi antar materi ini secara garis besar menjelaskan mengenai   dua hal : 1. Bagaimana nilai-nilai atau prin...