Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila kepada Murid
Profil Pelajar Pancasila – Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila kepada Murid (Guru)
Aksi nyata ini khusus dilakukan oleh Guru. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
- Pada aksi nyata ini, Anda akan mensosialisasikan Profil Pelajar Pancasila (PPP) kepada murid. Anda bisa berkolaborasi dengan rekan guru lain dalam mengadakan kegiatan ini.
- Rancanglah kegiatan sosialisasi tersebut dengan menarik dan interaktif yang memuat:
- Ke-6 dimensi Profil Pelajar Pancasila beserta penjelasannya.
- Perilaku yang diharapkan muncul pada diri murid sesuai fase perkembangannya. Misalnya, Anda menjelaskan elemen regulasi diri (Dimensi Mandiri) di jenjang SMA. Maka Anda menjelaskan contoh regulasi diri yang diharapkan di fase E dan F.
- Perubahan yang akan murid hadapi jika PPP di integrasikan dalam pembelajaran.
- Ajak juga murid untuk urun rembuk dalam strategi pembelajaran yang bisa diterapkan.
- Mintalah umpan balik/refleksi dari murid secara tertulis (untuk jenjang PAUD dan SD Fase A bisa secara lisan) dengan menggunakan cara sendiri atau metode yang tersedia di Perpustakaan Belajar.
- Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi:
- Dokumentasi kegiatan (poin 1)
- Hasil urun rembuk jika ada (poin 3)
- Dokumentasi umpan balik dari murid (poin 4)
Deskripsi
1. Saya sebagai koordinator P5 melaksanakan kegiatan sosialisasi Projek P5 ini kepada kelas 4,5 dan 6 SDN 17 Senseng, alat bantu yang saya gunakan dalam melaksanakan sosialisasi ini menggunakan proyektor untuk menyajikan tampilan modul projek, dan pengenalan projek menanam kangkung, yaitu manfaat dari kangkung, kemudian bagaimana cara menanam kankung yang disajikan dalam bentuk video sehingga menarik perhatian murid.
2. Respon siswa terhadap sosialisasi ini adalah mereka sangat antusias sekali ingin cepat-cepat melaksanakan projek menanam kangkung ini, karena ini merupakan hal yang baru bagi mereka, jadi ini juga akan menjadi pengalaman bermakna bagi mereka.
2. Respon siswa terhadap sosialisasi ini adalah mereka sangat antusias sekali ingin cepat-cepat melaksanakan projek menanam kangkung ini, karena ini merupakan hal yang baru bagi mereka, jadi ini juga akan menjadi pengalaman bermakna bagi mereka.
Refleksi
1. Alhamdulillah, karena dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, aksi nyata ini tidak ada tantangan maupun hambatannya sampai saat ini.
2. Perubahan sikap saya yaitu saya dapat melaksanakan modul projek yang telah dirancang, dan juga perubahan sikap murid adalah mereka menjadi memahami cara menanam kangkung, dan juga mereka dapat menanam kangkung di halaman rumah mereka.
3. Yang berbeda setelah aksi nyata ini, saya akan melaksanakan projek P5 dengan tema dan topik yang berbeda pada semester 2 sehingga akan lebih menantang dan menarik minat mereka.
2. Perubahan sikap saya yaitu saya dapat melaksanakan modul projek yang telah dirancang, dan juga perubahan sikap murid adalah mereka menjadi memahami cara menanam kangkung, dan juga mereka dapat menanam kangkung di halaman rumah mereka.
3. Yang berbeda setelah aksi nyata ini, saya akan melaksanakan projek P5 dengan tema dan topik yang berbeda pada semester 2 sehingga akan lebih menantang dan menarik minat mereka.
Link CANVA Aksi Nyata Profil Pelajar Pancasila – Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila kepada Murid (Guru), silahkan di edit.
Silahkan klik file, kemudian buat salinan supaya desain kita tidak dapat diganggu orang lain yang mengaksesnya juga.
Silahkan bapak/ ibu ganti saja cover, halaman profil, foto-fotonya dan jangan lupa tambahkan umpan baliknya.
Silahkan bapak/ ibu ganti saja cover, halaman profil, foto-fotonya dan jangan lupa tambahkan umpan baliknya.
0 komentar:
Posting Komentar