Senin, 10 Oktober 2022

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) model PBL di Kelas 6 Sekolah Dasar


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

 

Sekolah                                 : SDN 17 Senseng Kecamatan Tebas

Kelas/Semester                     : VI/ I

Tema                                     : 5. Wirausaha

Subtema                                : 3. Ayo, Belajar Berwirausaha

Pembelajaran ke-                                                                                                           : 3

Materi Pokok                        : Teks formulir pengiriman barang

Membuat magnet sederhana

Alokasi Waktu                      : 2 x 35 menit (2 JP)

                                               

 

 

A.  Kompetensi Inti

KI-1

:

Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI-2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya, serta cinta tanah air.

KI-3

:

Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, mananya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

KI-4

:

Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan Tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Muatan Pembelajaran     : B. Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

3.6.1. Menemukan cara mengisi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk. (C4)

4.6 Mengisi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/ kantor pos, daftar riwayat hidup, dll.) sesuai petunjuk pengisiannya.

4.6.1. Melengkapi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk. (P3)

 

Muatan Pembelajaran     : IPA

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan seharihari.

3.5.1. Menemukan cara membuat magnet sederhana. (C4)

3.5.2 Mengurutkan langkah-langkah membuat magnet sederhana. (C3)

4.5 Membuat laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4.6.1. Membuat magnet sederhana (P5)

4.6.2 Menyajikan hasil laporan membuat magnet sederhana. (P3)

 

                           

C.  Tujuan Pembelajaran

1.     Setelah mengamati cara guru mengisi teks formulir pengiriman barang, siswa dapat menemukan 3 cara mengisi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk dengan tepat.

2.     Dengan melakukan diskusi kelompok, siswa dapat melengkapi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk dengan teliti.

3.     Setelah menyimak video pembelajaran membuat magnet sederhana, siswa dapat menemukan 3 cara membuat magnet sederhana dengan benar.

4.     Setelah menyimak video pembelajaran membuat magnet sederhana, siswa dapat mengurutkan 3 langkah membuat magnet sederhana dengan tepat.

5.     Dengan melakukan diskusi kelompok, siswa dapat membuat magnet sederhana dengan kerja sama.

6.     Setelah melakukan diskusi kelompok, siswa dapat menyajikan hasil laporan membuat magnet sederhana dengan percaya diri.

 

D.  Materi Pembelajaran

1.     Teks formulir pengiriman barang.

2.     Membuat magnet sederhana. (Menggosok, induksi, dan elektromagnetik)

 

E.  Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran

1.   Model                            : Problem Based Learning

(Orientasi siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.

2.   Pendekatan                    : Saintifik

(Mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)

3.   Metode Pembelajaran   : Tanya jawab, penugasan, percobaan dan diskusi.

 

F.  Media dan Bahan Pembelajaran

1.   Media Pembelajaran     : Slide power point, video pembelajaran membuat magnet

sederhana, dan teks formulir pengiriman barang.

2.   Bahan Pembelajaran     : Magnet, paku besar, paku kecil, baterai dan kawat.

 

G. Sumber Belajar

 

Anggari, A.S., Afriki, Wulan, D.R., Puspitawati, N., Khasanah, L.M., dan Hendriyeti, N. 2018. Buku Panduan Guru Tema 5 Wirausaha : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI.  Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Halaman 140-148.

 

Anggari, A.S., Afriki, Wulan, D.R., Puspitawati, N., Khasanah, L.M., dan Hendriyeti, N. 2018. Buku Siswa Tema 5 Wirausaha : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Halaman 145-158.

 

Guru Mandiri. 2021. Video pembelajaran Cara Membuat Magnet Sederhana dari YouTube https://www.youtube.com/watch?v=scYQoYxkEC4&t=322s diunduh pada 29 September 2022.

 

H. Langkah-langkah Pembelajaran

 

Kegiatan

Uraian Kegiatan

Jumlah Waktu

Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Kegiatan pembelajaran dimulai dengan salam serta menanyakan kabar siswa.

2.     Kegiatan dilanjutkan dengan berdoa. (Doa dipimpin oleh siswa yang datang paling awal). (Menanamkan sikap religius).

3.     Mengecek kesiapan siswa dan mengisi lembar kehadiran serta memeriksa kerapian pakaian siswa.

4.     Melakukan apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang pengalaman siswa yang berkaitan dengan materi pembelajaran hari ini.

a.     Anak-anak jika memesan barang di toko online apakah barang tersebut diantar ke rumah kalian?

b.     Pernahkah kalian berpikir mengapa barang itu bisa sampai ke rumah kalian?

5.     Menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari ini. (menemukan 3 cara mengisi dan melengkapi formulir pengiriman barang barang, menemukan 3 cara membuat magnet sederhana dan langkah-langkahnya, dan membuat magnet serta menyajikan laporan hasil membuat magnet sederhana)

6.     Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada hari ini. (mengamati teks formulir, menyimak video cara membuat magnet dan melakukan diskusi kelompok mengisi formulir dan menyajikan laporan hasil membuat magnet sederhana)

10 menit

Inti

Langkah 1

Orientasi siswa pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 2

Megorganisasikan siswa untuk belajar

 

 

 

 

Langkah 3

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompk

 

Langkah 4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

 

Langkah 5

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

 

Pengulangan Langkah 1

Orientasi siswa pada masalah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengulangan langkah 3

Membimbing penyelidikan individual maupun kelompk

 

Pengulangan langkah 4

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

 

 

Pengulangan langkah 5

Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

1.     Siswa menyimak arahan guru untuk diskusi mengisi formulir yang akan dilakukan.

2.     Siswa mengamati gambar teks formulir yang disajikan oleh guru melalui slide power point. (Mengamati)

3.     Siswa bertanya jawab tentang teks apa yang disajikan oleh guru. (Menanya)

4.     Siswa menyimak pertanyaan guru tentang data yang perlu diisi dari teks formulir pengiriman barang yang ditampilkan.

5.     Siswa menjawab data yang akan diisikan dalam teks formulir pengiriman barang tersebut.

6.     Siswa mengamati cara guru mengisi teks formulir pengiriman barang.

7.     Siswa bersama guru melanjutkan mengisi teks formulir pengiriman barang pada teks formulir pendaftaran. (Mencoba) (4C-Collaboration)

8.     Siswa menemukan 3 cara melengkapi isi teks formulir pengiriman barang yang telah diamati dari tayangan power point. (Menalar) (4C- Critical Thingking)

 

9.     Siswa duduk dalam kelompok belajar yang telah dibagi oleh guru.

10.  Siswa menerima dan menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan oleh guru.

11.  Siswa dan teman sekelompok melakukan diskusi mengisi teks formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk dalam LKPD. (4C-Creativity)

 

12.  Diskusi siswa dibimbing oleh guru, guru berkeliling untuk melihat proses diskusi seluruh kelompok belajar dan bertanya kepada siswa kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. (4C-Collaboration)

 

13.  Setiap perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk menempelkan teks formulir pengiriman barang yang telah di isi hasil diskusi kelompok.

14.  Kelompok yang lain memberikan tanggapan dari hasil penyajian temannya.

 

15.  Meluruskan jawaban siswa yang belum tepat.

16.  Bersama siswa merangkum seluruh jawaban hasil diskusi kelompok belajar. (4C-Collaboration dan communication)

 

 

 

17.  Siswa menyimak penjelasan guru  tentang kegiatan membuat magnet sederhana yang akan dilakukan bersama teman kelompok diskusi.

18.  Siswa mengamati video pembelajaran membuat magnet sederhana. (Mengamati)

19.  Siswa bertanya apa manfaat dari magnet dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya)

20.  Siswa menemukan 3 cara membuat magnet sederhana. (Mencoba)

21.  Siswa mengurutkan 3 langkah membuat magnet sederhana berdasarkan video pembelajaran yang telah disimak. (Menalar) (4C-Critical Thingking)

22.  Siswa menyimak contoh magnet sederhana yang disajikan oleh guru.

23.  Siswa menerima dan menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan oleh guru.

24.  Siswa dan teman sekelompok melakukan diskusi membuat magnet sederhana berdasarkan petunjuk pada LKPD. (4C-Collaboration dan Creativy)

 

25.  Diskusi siswa dibimbing oleh guru, guru berkeliling untuk melihat proses diskusi seluruh kelompok belajar dan bertanya kepada siswa kesulitan yang dihadapi dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. (4C-Collaboration)

 

 

26.  Setiap perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk menyajikan laporan hasil magnet sederhana yang telah dibuat dari hasil diskusi kelompok. (Mengkomunikasikan) (4C- Communcation)

27.  Kelompok yang lain memberikan tanggapan dari hasil penyajian temannya.

 

28.  Meluruskan jawaban siswa yang belum tepat.

29.  Bersama siswa merangkum seluruh jawaban hasil diskusi kelompok belajar.

30.  Memberikan reward kepada kelompok tiga terbaik.

31.  Siswa mengerjakan soal evaluasi.

55 menit

Penutup

1.     Siswa bersama guru merangkum kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

2.     Siswa dan guru melakukan refleksi kesimpulan tentang pembelajaran hari ini. Dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

a.     Anak-anak bagaimana pembelajaran hari ini?

b.     Kegiatan apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini?

c.     Apa yang belum kalian pahami pada pembelajaran hari ini?

3.     Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya. (PB4)

4.     Memberikan nasihat agar mengulangi kembali mempelajari materi di rumah.

5.     Kegiatan pembelajaran di akhiri dengan membaca doa dan salam.

5 menit

 

 

I.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan

1.   Teknik Penilaian

a.   Penilaian Sikap                     : Observasi

b.   Penilaian Pengetahuan         : Pengukuran

c.   Penilaian Keterampilan        : Observasi unjuk kerja

2.   Instrumen Penilaian

a.   Penilaian Sikap

1)  Sikap Spiritual

Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

Petunjuk: Guru mengamati sikap siswa saat berdoa saat pembelajaran berlangsung.

Nomor

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2)    Sikap Sosial

a)     Teliti

b)    Percaya diri

Petunjuk: Guru mengamati sikap sosial teliti dan percaya diri saat pembelajaran berlangsung.

Nomor

Nama Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

Tindak Lanjut

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Penilaian Pengetahuan

1)  Perintah soal

a)     Kerjakan soal berikut dengan memberi tanda silang (X) di depan jawaban a, b, c, atau d pada jawaban yang tepat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b)    Kisi-kisi soal

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator Soal

Level kognitif

Nomor soal

Bentuk Soal

1

Bahasa Indonesia

3.6 Mencermati petunjuk dan isi teks formulir (pendaftaran, kartu anggota, pengiriman uang melalui bank/kantor pos, daftar riwayat hidup, dsb.)

3.6.1. Menemukan cara mengisi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk.

Disajikan sebuah teks formulir pengiriman barang, siswa dapat menentukan data yang tepat untuk mengisi formulir.

C3

1

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks formulir pengiriman barang, siswa dapat menemukan data yang tidak lengkap pada formulir.

C4

2

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah teks formulir pengiriman barang, siswa dapat menentukan data yang tepat untuk mengisi formulir.

C3

3

Pilihan Ganda

Disajikan data penerima, siswa dapat menemukan manfaat memberikan data telepon pada teks formulir pengiriman barang.

C3

4

Pilihan Ganda

Disajikan beberapa langkah kegiatan, siswa dapat menemukan langkah kegiatan dalam mengisi teks formulir pendaftaran.

C4

5

Pilihan Ganda

2

IPA

3.5 Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan seharihari.

3.5.1. Menemukan cara membuat magnet.

 

 

 

 

 

 

3.5.2 Mengurutkan langkah-langkah membuat magnet sederhana.

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menemukan cara membuat magnet sesuai pernyataan.

C4

6

Pilihan Ganda

Disajikan sebuah pernyataan, siswa dapat menemukan cara membuat magnet sesuai pernyataan.

C4

7

Pilihan Ganda

Disajikan cara membuat magnet sederhana, siswa dapat menemukan langkah membuat magnet dengan cara menggosok.

C4

8

Pilihan Ganda

Disajikan beberapa langkah kegiatan, siswa dapat menemukan langkah-langkah membuat magnet sederhana dengan cara induksi.

C4

9

Pilihan Ganda

Disajikan beberapa langkah kegiatan, siswa dapat menemukan langkah-langkah membuat magnet sederhana dengan cara elektromagnetik.

C4

10

Pilihan Ganda

 

 

2)    Soal

 

            Petunjuk Soal:

Perhatikan teks formulir pengiriman barang berikut!

1.     Berdasarkan formulir di atas, data pengirim yang diperlukan untuk mengisi data tersebut adalah….

a.     nama lengkap, alamat lengkap, keperluan pengiriman, berat barang kiriman, dan tanda tangan

b.     nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, jenis barang, dan tanggal serta tanda tangan

c.     nama lengkap, alamat lengkap, berat barang, dan tanggal serta tanda tangan

d.     nama lengkap, nomor telepon, jumlah biaya kirim, dan tanda tangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk Soal:

Perhatikan teks formulir pengiriman barang di bawah ini!

2.     Berdasarkan teks formulir di atas, apa yang belum dilengkapi pada pengisian data secara lengkap?

a.     Data penerima dan pengirim belum mencantumkan nomor telepon/handphone.

b.     Data alamat penerima tidak mencantumkan alamat rumah secara lengkap.

c.     Data penerima dan pengirim belum menuliskan alamat secara lengkap.

d.     Belum menampilkan foto gambar barang yang dikirim.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk soal:

Perhatikan contoh teks formulir pengiriman barang di bawah ini!

3.     Berdasarkan formulir di atas, data yang tepat untuk melengkapi data pengirim adalah….

a.     Dwinyanto, 082373628739, Plaza Cityview Lt.1, Jalan Kemang Timur No. 22 Pasar Minggu, Jakarta Selatan DKI Jakarta Kode Pos 12510

b.     Dwinyanto, Plaza Cityview Lt.1, Jalan Kemang Timur No. 22 Pasar Minggu, Jakarta Selatan DKI Jakarta Kode Pos 12510

c.     Dwinyanto, 082373628739, Plaza Cityview Lt.1, Jalan Kemang Timur, Jakarta Selatan DKI Jakarta Kode Pos 12510

d.     Dwinyanto, 082373628739, Plaza Cityview Lt.1, Jalan Kemang Timur No. 22 Pasar Minggu Kode Pos 12510

 

Petunjuk Soal:

Perhatikan data formulir pengiriman barang berikut!

  1. Berdasarkan data penerima di atas, pengisian nomor telepon pada saat kita melengkapi data teks formulir pengiriman barang juga untuk memudahkan penerima untuk menerima barang. Manfaat mengisi nomor telepon penerima ketika mengisi formulir pengiriman barang antara lain adalah….

a.     jika kurir kesulitan menemukan alamat penerima bisa langsung menghubungi penerima lewat telepon

b.     jika kurir kesulitan menemukan barang kiriman bisa menghubungi penerima lewat telepon

c.     jika kurir ingin membuka barang kiriman bisa minta izin ke penerima melalui telepon

d.     jika kurir tidak bisa mengirimkan barang maka bisa dibatalkan melalui telepon

 

Petunjuk soal:

Perhatikan petunjuk pengisian teks formulir pengiriman barang berikut!

I.               Menuliskan nama pengirim dan penerima dengan jelas dan gunakan huruf kapital.

II.             Menuliskan alamat pengirim dan penerima secara lengkap berserta kode pos yang telah disediakan.

III.           Melampirkan foto isi barang yang akan dikirim.

IV.           Menuliskan nomor telepon pengirim dan penerima dengan jelas supaya mudah dketika dihubungi.

V.             Menuliskan tempat dan tanggal pengiriman barang.

VI.           Mengisi berat dan ukuran barang yang dikirim pada tempat yang telah disediakan.

VII.         Sertakan tanda tanggan dan nama pada kolom yang telah disediakan.

5.     Berdasarkan langkah kegiatan di atas yang merupakan langkah dalam mengisi teks formulir pengiriman barang yang tepat ditunjukkan oleh nomor….

a.     I, II, III, IV, dan V

b.     II, III, IV, V, dan VI

c.     III, IV, V, VI, dan VII

d.     I, II, IV, V, dan VII

 

Petunjuk Soal:

Bacalah pernyataan di bawah ini!

 

Magnet juga dapat dibuat dengan cara mengalirkan arus listrik searah melalui sebuah penghantar. Arus listrik searah dapat diganti dengan arus bolak-balik atau alternating current (AC) bertegangan rendah, bisa dengan menggunakan sebuah baterai.

6.     Berdasarkan pernyataan di atas, cara membuat magnet dengan….

a.     menggosok

b.     induksi

c.     elektromagnetik

d.     permanen

 

Petunjuk Soal:

Bacalah pernyataan di bawah ini!

7.     Sebuah besi atau paku besi dapat berubah menjadi magnet apabila didekatkan dengan besi atau baja yang mengandung magnetis.

Pernyataan di atas merupakan cara membuat magnet dengan….

a.     elektromagnetik

b.     menggosok

c.     permanen

d.     induksi

8.     Membuat magnet sederhana dapat kita lakukan dengan cara menggosok, induksi dan elektromagnetik. Langkah berikut yang sesuai dengan membuat magnet menggosok adalah….

a.     dengan mendekatkan magnet permanent ke paku besar kemudian mendekatkan paku besar ke paku kecil.

b.     dengan menggunakan batu baterai yang dililiti kawat kemudian di dekat pada paku kecil

c.     dengan menggosokkan ujung magnet permanent ke besi searah secara berulang-ulang

d.     dengan menggosokkan ujung magnet permanent ke besi secara maju dan mudur

 

 

Petunjuk Soal:

Bacalah langkah kegiatan di bawah ini!

I.               Peganglah magnet tetap, lalu gosokkan ujung magnet tersebut pada permukaan besi.

II.             Letakkan paku besar pada penyangga dengan posisis vertikal.

III.           Letakkan beberapa paku kecil di bawah paku besar.

IV.           Gosok besi tersebut dengan magnet secara satu arah dan lakukan secara berulang kurang lebih selama 5 menit.

V.             Letakkan magnet tetap di atas paku besar pada penyangga.

VI.           Amati paku kecil yang berada di bawah paku besar. Jika paku kecil tersebut sudah menempel pada paku besar, artinya besi tersebut telah mempunyai sifat kemagnetan.

9.     Berdasarkan langkah-langkah di atas, pembuatan magnet sederhana dengan cara induksi yang benar ditunjukkan pada nomor….

a.     I, II, III, dan IV

b.     II, III, dan IV, dan V

c.     II, IV, V, dan VI

d.     II, III, dan V, dan VI

 

Petunjuk Soal:

Perhatikan gambar di bawah ini!

10.  Berdasarkan gambar di atas, langkah-langkah yang tepat untuk membuat magnet di atas secara berurutan adalah….

a.     Siapkan 1 buah baterai, 1 paku besar, beberapa paku kecil dan kawat secukupnya. Kemudian lilitlah paku besar menggunakan kawat, setelah itu tempelkan kedua ujung kawat pada kutub positif dan negatif baterai. Setelah itu dekatkan paku kecil pada paku besar untuk melihat sifat kemagnetisannya.

b.     Siapkan 1 buah baterai, 1 paku besar, beberapa paku kecil dan kawat secukupnya. Tempelkan kedua ujung kawat pada kutub positif dan negatif baterai. Kemudian lilitlah paku besar menggunakan kawat, setelah itu dekatkan paku kecil pada paku besar untuk melihat sifat kemagnetisannya.

c.     Siapkan 1 buah baterai, 1 paku besar, beberapa paku kecil dan kawat secukupnya. Dekatkan paku kecil pada paku besar untuk melihat sifat kemagnetisannya. Tempelkan kedua ujung kawat pada kutub positif dan negatif baterai. Kemudian lilitlah paku besar menggunakan kawat.

d.     Siapkan 1 buah baterai, 1 paku besar, beberapa paku kecil dan kawat secukupnya. Kemudian lilitlah paku besar menggunakan kawat. Dekatkan baterai dengan paku besar dan paku kecil. Dekatkan paku kecil pada paku besar untuk melihat sifat kemagnetisannya.

 

 

 

 

 

 

3)  Kunci jawaban

Nomor

Kunci Jawaban

1.

B

2.

A

3.

A

4.

D

5.

C

6.

B

7.

D

8.

B

9.

D

10.

A

 

4)  Pedoman penskoran

Nomor

Skor

1.

1

2.

1

3.

1

4.

1

5.

1

6.

1

7.

1

8.

1

9.

1

10.

1

Skor maksimal 10

Nilai =  x 100

 

c.   Penilaian Keterampilan

1)  Petunjuk kerja

a)     Melengkapi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk.

b)    Menyajikan hasil laporan membuat magnet sederhana.

2)  Rubrik penilaian

a)     Melengkapi formulir pengiriman barang berdasarkan petunjuk dinilai dengan rubrik berikut.

No.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

 

(3)

Cukup

 

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

1.

Data penerima barang

Formulir diisi dengan data penerima secara lengkap. (Nama lengkap, alamat lengkap, kode pos, dan nomor telepon penerima)

Formulir diisi dengan 3 data penerima secara lengkap. (Nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon penerima)

Formulir diisi dengan 2 data penerima secara lengkap. (Nama lengkap dan alamat lengkap)

Formulir diisi dengan 1 data penerima secara lengkap. (Nama lengkap)

2.

Data pengirim barang

Formulir diisi dengan data pengirim secara lengkap. (Nama lengkap, alamat lengkap, kode pos, dan nomor telepon penerima)

Formulir diisi dengan 3 data pengirim secara lengkap. (Nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon penerima)

Formulir diisi dengan 2 data pengirim secara lengkap. (Nama lengkap dan alamat lengkap)

Formulir diisi dengan 1 data pengirim secara lengkap. (Nama lengkap)

3.

Data dalam formulir

Pengisian 4 data formulir sesuai pada tempatnya.

(Tempat dan tanggal, nama dan tanda tangan, dan tanda tangan petugas)

Pengisian 3 data formulir sesuai pada tempatnya.

(Tempat dan tanggal, nama dan tanda tangan)

Pengisian 2 data formulir sesuai pada tempatnya.

(Tempat dan tanggal)

Pengisian 1 data formulir sesuai pada tempatnya.

(Tempat)

 

b)    Menyajikan hasil laporan membuat magnet sederhana dinilai dengan rubrik berikut.

No.

Kriteria

Baik Sekali

(4)

Baik

 

(3)

Cukup

 

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

1

Pembuatan magnet

Pembuatan magnet sesuai dengan pedoman, cara, bahan, dan langkah.

Pembuatan magnet sesuai dengan pedoman, cara, dan bahan.

Pembuatan magnet sesuai dengan pedoman dan bahan.

Pembuatan magnet sesuai dengan pedoman.

2

Penyajian laporan

Menyajikan laporan secara runtut,  dengan suara yang lantang, artikulasi jelas, tanpa bimbingan guru.

Menyajikan laporan secara runtut,  dengan suara yang lantang, artikulasi jelas, dengan  bimbingan guru.

Menyajikan laporan secara runtut,  dengan suara yang lantang, dengan bimbingan guru.

Menyajikan laporan secara runtut dengan bimbingan guru.

 

c)   Pedoman penskoran

 

Nilai =  x 100

 

3.   Pembelajaran Remedial dan Pengayaan Pembelajaran.

a.    Pembelajaran Remedial

Siswa yang belum mampu mengisi formulir pengiriman barang dan belum mampu menemukan cara membuat magnet sederhana dan mengurutkan langkah-langkahnya akan diberikan pembelajaran ulang dengan bimbingan guru.

 

b.    Pengayaan Pembelajaran

Siswa yang sudah mampu mengisi formulir pengiriman barang dan belum mampu menemukan cara membuat magnet sederhana dan mengurutkan langkah-langkahnya akan diberikan soal latihan lain.

 

Tebas14 Desember 2022

Guru Kelas VI

 

 

 

ALLATIF, S.Pd.

NIP 199407032019021002

0 komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Dalam modul 3.1.a.8 materi Koneksi antar materi ini secara garis besar menjelaskan mengenai   dua hal : 1. Bagaimana nilai-nilai atau prin...