Selasa, 30 Januari 2024

Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Kenali – Refleksi mandiri kesiapan pendidik [guru]

 

Refleksi mandiri kesiapan pendidik

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Kenali – Refleksi mandiri kesiapan pendidik [guru]

Refleksi mandiri kesiapan pendidik [guru]

  1. Anda akan melakukan refleksi mandiri untuk menentukan tahapan kesiapan satuan pendidikan Anda dalam merancang kurikulum operasional satuan pendidikan. 
  2. Fokuslah pada ranah yang bisa Anda lakukan sebagai pendidik, yaitu komponen perencanaan pembelajaran.
  3. Silakan pelajari kembali tahapan aspek umum untuk bagian merancang kurikulum operasional (no.1) pada dokumen Panduan Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka berikut.
  4. Ajak rekan pendidik lainnya untuk melakukan refleksi jika memungkinkan. 
  5. Gunakan traffic light reflection atau metode lain di Perpustakaan Belajar sebagai alat bantu refleksi. Anda juga dapat menggunakan cara lain yang lebih sesuai.
  6. Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi: 

a. Dokumentasi umpan balik berupa hasil refleksi mandiri beserta simpulan kesiapan Anda.

b. Dokumentasi kegiatan refleksi berupa paparan/foto/media publikasi.

Gunakan hasil refleksi mandiri untuk menentukan topik belajar selanjutnya mengenai kurikulum operasional satuan pendidikan.

Deskripsi

1. refleksi yang saya lakukan ini menggunakan metode 6 topi, yaitu berfikir merupakan konsep pemikiran dan pemecahan masalah yang menggunakan strategi pemikiran paralel, tahapan tersebut pertama berdasarkan warna topi, yaitu topi putih untuk mengumpulkan data dan fakta, topi kunign untuk melihat sisi positif dan masalah, topi hitam untuk mendata konsekuensi kerugian, topi merah memberi ruang bagi naluri dan emosi, topi hijau untuk mencari alternatif solusiyang kreatif, dan topi biru untuk mengelola semuanya/ kesimpulan.

2. Menurut saya berdasarkan refleksi yang telah saya lakukan secara mandiri, bahwa tahapan kesiapan satuan pendidikan di sekolah kami SD Negeri 17 Senseng merupakan pada tahap berkembang, karena salah satunya perencanaan pembelajaran masih menggunakan yang digunakan oleh kemdikbudristek.

3. Iya, sangat menolong menurut saya, karena dapat menemukan permasalahan-permaslahan yang ditemukan pada satuan pendidikan, kemudian mencari solusi dan mencari akar masalahnya, dan juga dan melakukan pembenahan/ benahi pada satuan pendidikan.

Refleksi

1. Iya ada, saya memahami tentang kurikulum satuan pendidikan kami, bagaimana perencanaannya, dan dapat melakukan refleksi pribadi tentang kesiapan pendidik serta dapat mendeskripsikannya.

2. Iya ada, saya dapt mendeskripsikan kekuatan dan kelamahan pada satuan pendidikan kami.

3. Saya akan melaksanakan aksi nyata selanjutnya, dapat mempelajari KOSP lanjutan.

Template Aksi nyata di Canva Topik Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan: Kenali – Refleksi mandiri kesiapan pendidik [guru]

Silahkan klik file, kemudian buat salinan supaya desain kita tidak dapat diganggu orang lain yang mengaksesnya juga.

Silahkan bapak/ ibu ganti saja cover, halaman profil, foto-fotonya dan jangan lupa tambahkan umpan baliknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Dalam modul 3.1.a.8 materi Koneksi antar materi ini secara garis besar menjelaskan mengenai   dua hal : 1. Bagaimana nilai-nilai atau prin...