RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SDN 17 Senseng Kecamatan Tebas
Kelas/Semester : VI/ I
Tema :
4. Globalisasi
Subtema : 3. Globalisasi dan Cinta
Tanah Air
Pembelajaran ke- :
5
Materi Pokok : 1. Bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN.
2. Poster.
Alokasi Waktu
: 2 x 35 menit (2
JP)
A. Kompetensi Inti
KI-1 |
: |
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. |
KI-2 |
: |
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan
tetangganya, serta cinta tanah air. |
KI-3 |
: |
Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
pada tingkat dasar dengan cara mengamati, mananya, dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. |
KI-4 |
: |
Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis,
logis dan kritis, dalam karya estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan Tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap
perkembangannya. |
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Muatan Pembelajaran : IPS |
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.3 Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang
ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup
ASEAN. |
3.3.1. Merinci bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN. (C4) 3.3.2. Menyebutkan
bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN. (C1) |
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam
kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan
pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
4.3.1. Menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di
lingkup ASEAN dalam bentuk peta pikiran. (P3) |
Muatan Pembelajaran : SBdP |
|
Kompetensi
Dasar |
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
3.1 Memahami reklame. |
3.1.1. Menemukan kriteria poster yang baik. (C4) |
4.1 Membuat reklame. |
4.1.1. Mendesain poster cinta tanah
air. (P5) |
1.
Setelah mengamati video pembelajaran peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN, siswa dapat merincikan 3 peran Indonesia dalam kerja sama Indonesia lingkup ASEAN dengan tepat.
2.
Setelah mengamati video pembelajaran peran Indonesia
dalam kerja sama ASEAN, siswa dapat menyebutkan 3 contoh peran Indonesia dalam
kerja sama ASEAN dengan tepat.
3.
Setelah melakukan diskusi kelompok,
siswa dapat menyajikan informasi tentang peran Indonesia dalam kerja sama di lingkup
ASEAN dalam bentuk peta pikiran dengan percaya diri.
4.
Dengan mengamati poster, siswa dapat menemukan 3 kriteria poster yang baik dengan benar.
5.
Dengan melakukan diskusi
kelompok, siswa dapat mendesain poster cinta tanah air dengan kerja sama.
D. Materi Pembelajaran
1.
Peran Indonesia dalam bentuk kerja sama lingkup ASEAN.
2.
Poster.
E. Model, Pendekatan,
dan Metode Pembelajaran
1.
Model :
Cooperative learning
(Menyampaikan
tujuan dan memotivasi belajar, menyampaikan informasi, mengorganisasikan
pembelajaran ke kelompok belajar, membimbing kelompok bekerja dan belajar,
evaluasi, dan memberikan penghargaan)
2.
Pendekatan : Saintifik
(Mengamati, menanya, mencoba, menalar,
dan mengkomunikasikan)
3.
Metode Pembelajaran : Tanya jawab, penugasan, dan diskusi.
F. Media dan Bahan
Pembelajaran
1.
Media Pembelajaran : Poster cinta tanah air, slide power point, contoh peta
pikiran,
dan video peran
Indonesia dalam kerja sama lingkup ASEAN.
2.
Bahan Pembelajaran : Kertas manila, pensil, cat warna, penghapus pensil, dan penggaris.
G. Sumber Belajar
Anggari, A.S., Afriki, Wulan, D.R.,
Puspitawati, N., Khasanah, L.M., dan Hendriyeti, N. 2018. Buku Pedoman Guru
Tema 4 Globalisasi : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemdikbud. Halaman 102-103.
Anggari, A.S., Afriki, Wulan, D.R.,
Puspitawati, N., Khasanah, L.M., dan Hendriyeti, N. 2018. Buku Siswa Tema
4 Globalisasi : Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan,
Balitbang, Kemdikbud. Halaman 125-126.
Video pembelajaran dari YouTube tentang peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN https://www.youtube.com/watch?v=bAbw99_YE40 diunduh pada 22
September 2022.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan |
Uraian Kegiatan |
Jumlah Waktu |
Pendahuluan
Langkah 1 Menyampaikan
tujuan dan memotivasi belajar |
1. Kegiatan pembelajaran dimulai dengan salam serta menanyakan kabar siswa. 2. Kegiatan dilanjutkan dengan berdoa. (Doa dipimpin oleh siswa yang datang
paling awal). (menanamkan sikap religius). 3. Mengingatkan untuk selalu berdoa dan pentingnya berdoa saat akan
mengawali kegiatan. 4. Mengecek kesiapan siswa dan mengisi lembar kehadiran serta memeriksa
kerapian pakaian siswa. 5. Siswa menyimak apersepsi dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang pengalaman
siswa yang berkaitan dengan materi pembelajaran hari ini. a. Anak-anak siapa di sini yang pernah menonton acara pertandingan sepak
bola timnas Indonesia? b. Tahukah kalian,
jika pertandingan yang kalian tonton itu merupakan bentuk kerja sama ASEAN. Dan pada bidang apakah kerja
sama tersebut?
6.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang tujuan kegiatan
belajar serta motivasi yang disampaikan guru. (Dengan menyimak video dapat menemukan
peran Indonesia dalam bentuk kerja sama ASEAN, membuat peta pikiran, dan dengan
mengamati poster membuat poster dengan kriteria poster yang baik) |
10 menit |
Inti
Langkah 2 Menyajikan
informasi
Langkah 3 Mengorganisasikan
pembelajar ke kelompok belajar
Langkah 4 Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
Pengulangan
langkah 2 Menyajikan
informasi
Pengulangan
langkah 4 Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
Langkah 5 Evaluasi Langkah 6 Memberikan
penghargaan |
1. Siswa menyimak
penjelasan guru apa yang akan dilakukan ketika sedang menyimak video
pembelajaran. 2. Siswa
mengeluarkan peralatan tulis yang telah disiapkan sebelumnya. 3. Siswa mengamati video peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN yang disajikan oleh guru melalui power point. (Mengamati) 4. Siswa menyimak pertanyaan dari guru tentang isi dari video yang
telah disimak. 5. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang jenis bidang dalam kerja sama tersebut. (Menanya) (4C-Collaboration) 6. Siswa merincikan 3 contoh peran
Indonesia dalam bentuk kerja sama ASEAN yang telah disimak dari video dan menuliskannya di
kartu isian. (Mencoba) 7. Siswa menentukan jenis bidang dalam kerja sama tersebut. (Menalar) 8. Siswa menyimak penjelasan guru tentang cara membuat peta pikiran
informasi dari teks yang dibaca.
9. Siswa duduk dalam kelompok belajar yang telah dibagi dan menyimak petunjuk perencanaan
produk yang akan dihasilkan dari kegiatan diskusi. 10. Siswa menerima dan menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan oleh guru. 11. Siswa dan teman sekelompok melakukan diskusi membuat peta pikiran
berdasarkan petunjuk dalam LKPD. (4C- Critical Thingking, Collaboration dan Creativity)
12. Diskusi siswa dibimbing oleh guru, guru berkeliling untuk melihat proses
diskusi seluruh kelompok belajar serta menanyakan kesulitan/ kendala yang dialami ketika
mengerjakan tugas diskusi kelompok dari guru.(4C-Collaboration) 13. Setiap perwakilan kelompok maju ke depan kelas untuk menyajikan peta
pikiran informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca hasil diskusi
kelompok. (Mengkomunikasikan) 14. Kelompok yang lain memberikan tanggapan dari hasil penyajian temannya. 15. Meluruskan jawaban siswa yang belum tepat. 16. Bersama siswa merangkum seluruh jawaban hasil diskusi kelompok belajar.
17. Siswa mengamati contoh poster yang ditampilkan melalui power point. (Mengamati) 18. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang 3 kriteria
poster yang baik. (Menanya) (4C-Collaboration) 19. Siswa menyimak pertanyaan tentang apa tujuan dari pembuatan poster. 20. Siswa menjawab tujuan dari pembuatan suatu poster. (Mencoba) 21. Siswa menemukan
langkah-langkah untuk mendesain sebuah poster. (Menalar) 22. Siswa menyimak petunjuk perencanaan produk yang akan dihasilkan yaitu contoh poster dengan tema
cinta tanah air yang didesain oleh guru. 23. Siswa menerima dan menyimak petunjuk LKPD yang dijelaskan oleh guru. 24. Siswa dan teman sekelompok melakukan diskusi mendesain poster cara dengan tema
cinta tanah air berdasarkan petunjuk dalam LKPD. (4C-Creativity dan Collaboration)
25. Diskusi siswa dibimbing oleh guru, guru berkeliling untuk melihat proses
diskusi seluruh kelompok belajar serta menanyakan kesulitan dalam membuat poster. (4C-Collaboration) 26. Setelah semua
kelompok selesai mendesain poster, setiap perwakilan kelompok maju ke
depan kelas untuk menempelkan
poster di tempat yang telah disediakan. 27. Siswa diberi
kesempatan bertanya bagi siswa yang merasa bingung dan kurang mengerti
terkait materi.
28. Siswa mengerjakan soal evaluasi.
29. Memberikan reward kepada kelompok terbaik 1, 2, dan 3. |
55 menit |
Penutup |
1. Siswa dengan
bimbingan guru merangkum pembelajaran yang sudah dilakukan. 2. Siswa dan guru melakukan refleksi kesimpulan tentang
pembelajaran hari ini. Dengan mengajukan beberapa pertanyan. a. Anak-anak apa yang kalian pelajari hari ini? b. Kegiatan apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini? c. Apa yang belum
kalian pahami dari pembelajaran hari ini? 3. Memberikan tindak lanjut dengan menyampaikan pembelajaran selanjutnya.
(PB 6) 4. Memberikan nasihat agar mengulangi kembali mempelajari materi di rumah. 5. Kegiatan pembelajaran di akhiri dengan membaca doa dan salam. |
5 menit |
I.
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan
Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap : Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan : Pengukuran
c.
Penilaian Keterampilan : Observasi unjuk kerja
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
1) Sikap Spiritual
Butir sikap:
Berdoa sebelum
dan sesudah kegiatan
Petunjuk: Guru mengamati siswa berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
Nomor |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a)
Sikap Sosial
a)
Tanggung jawab
b)
Kerja sama
Petunjuk: Guru mengamati sikap sosial tanggung jawab dan kerja sama kelompok saat
pembelajaran berlangsung.
Nomor |
Nama Siswa |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian Pengetahuan
1) Perintah soal
Kerjakan soal berikut dengan memberi tanda silang (X) di depan jawaban a, b, c, atau d dengan
jawaban yang tepat.
2) Kisi-kisi soal
No. |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Indikator Soal |
Level kognitif |
Nomor soal |
Bentuk Soal |
1 IPS |
3.3 Menganalisis
posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik,
sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN. |
3.3.1. Merincikan
bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN.
3.3.2. Menyebutkan bentuk kerja sama Indonesia dalam lingkup ASEAN. |
Disajikan
sebuah teks bacaan, siswa dapat merincikan bentuk kerja sama yang terdapat
pada teks. |
C4 |
1 |
Pilihan
Ganda |
Disajikan
bentuk bidang sosial kerja sama Indonesia dengan ASEAN, siswa dapat menemukan
contoh peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN bidang sosial. |
C3 |
2 |
Pilihan
Ganda |
|||
Disajikan
salah satu contoh bentuk kerja sama, siswa dapat menyebutkan bidang kerja
sama Indonesia dan ASEAN. |
C1 |
3 |
Pilihan
Ganda |
|||
Disajikan
sebuah teks bacaan, siswa dapat merincikan bentuk kerja sama Indonesia dengan
ASEAN yang terdapat pada teks. |
C4 |
4 |
Pilihan
Ganda |
|||
Disajikan
sebuah teks bacaan, siswa dapat merincikan bentuk kerja sama Indonesia dengan
ASEAN yang terdapat pada teks. |
C4 |
5 |
Pilihan
Ganda |
|||
2 SBdP |
3.1 Memahami
reklame. |
3.1.1. Menguraikan
kriteria poster yang baik |
Disajikan
sebuah teks ilustrasi, siswa dapat menguraraikan kalimat poster yang tepat
sesuai teks ilustrasi. |
C4 |
6 |
Pilihan
Ganda |
Disajikan
sebuah gambar poster, siswa dapat menguraikan kriteria poster tersebut
berdasarkan gambar. |
C4 |
7 |
Pilihan
Ganda |
|||
Disajikan
sebuah gambar, siswa dapat menguraikan kalimat yang tepat untuk poster sesuai dengan
gambar. |
C4 |
8 |
Pilihan
Ganda |
|||
Disajikan beberapa pilihan kalimat
poster, siswa dapat menentukan kalimat poster yang sesuai tema cinta tanah
air. |
C4 |
9 |
Pilihan
Ganda |
|||
Disajikan sebuah gambar poster,
siswa dapat menguraikan kriteria poster tersebut berdasarkan gambar. |
C4 |
10 |
Pilihan
Ganda |
3) Soal
Petunjuk soal:
Bacalah teks di bawah ini dengan teliti!
Anak-anak asuh Shin Tae-yong sejatinya mampu mengimbangi permainan Timnas
Vietnam U-23 di babak pertama. Meski digempur pasukan Park Hang-seo, Skuad
Garuda sanggup menahan imbang The Golden Star dengan 0–0 hingga turun
minum.
Akan tetapi, kekuatan Vietnam
makin tak terbendung di paruh kedua. Angka pertama bagi kubu tuan rumah
tercipta berkat desakan Nguyen Tien Linh di menit
ke-54. Unggul satu gol dari Timnas Indonesia, The Golden Star lebih percaya
diri melakukan serangan.
Skuad Vietnam kembali menggandakan
keunggulan pada menit ke-73, lewat kerja sama apik di daerah pertahanan
Indonesia yang dituntaskan dengan sontekan Dung do Hing.
1.
Berdasarkan teks bacaan di atas, merupakan salah satu
bentuk peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN pada bidang ….
a.
olahraga
b.
budaya
c.
politik
d.
keamanan
2.
Berikut ini yang merupakan
contoh peran Indonesia dalam kerja sama pada bidang sosial dengan negara ASEAN
adalah ….
a.
mendukung terbentuknya
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
b.
ikut serta membantu menangani
etnis muslim Rohingya di Myanmar
c.
Indonesia ikut serta dalam
pertukaran pelajaran dengan negara-negara ASEAN
d.
menyerap tenaga kerja dan
menjadikan pariwisata menjadi penopang ekonomi terbesar
3.
Kegiatan ekspor barang dan jasa merupakan bentuk kerja sama
ASEAN pada bidang….
a.
budaya
b.
olahraga
c.
politik
d.
ekonomi
Petunjuk soal:
Bacalah teks di bawah ini dengan teliti!
a.
Penawaran beasiswa
pendidikan, seperti Indonesia yang memberikan pendidikan kedokteran , bahasa,
dan seni untuk mehasiswa terpilih dari negara-negara ASEAN.
b.
ASEAN Council of Teacher
(ACT) sebagai bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN.
Dengan adanya ACT pada pendidik berdiskusi dan berbagai ide-ide untuk
mengembangkan kemampuan guru dan lingkungan belajar global.
c.
Mengadakan olimpiade regional
Asia Tenggara di bidang pendidikan untuk negara-negara anggota ASEAN.
d.
ASEAN-Japan Scholarship
Fund, fasilitas beasiswa untuk negara-negara anggota ASEAN belajar di
berbagai universitas ASEAN dan Jepang.
e.
Adanya program ASEAN-EU Cooperation
and Scholarships Day, di mana memberikan beasiswa kepada negara-negaraa
anggota ASEAN untuk menjalani pendidikan di Eropa khususnya pendidikan tinggi.
Pemberian beasiswa ini tidak hanya untuk mehasiswa, melainkan juga tenaga
pendidik dari ASEAN.
4.
Berdasarkan teks di atas
merupakan peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN pada bidang….
a.
budaya
b.
pendidikan
c.
ekonomi
d.
politik
Petunjuk Soal:
Bacalah teks di bawah ini dengan seksama!
Formasi lingkaran terbentuk di
atas pentas. Sebanyak 31 penari menjadikannya dinamis karena setiap tubuh
melenggok. Di tengah lingkaran, seorang ibu tua–mewakili mother earth (ibu
pertiwi)–didampingi dua pasang pengawal, laki-laki dan perempuan. Tetiba, di
bagian belakang satu penari naik ke pundak rekannya dan mengibarkan bendera
ASEAN. Sontak, 26 penari lainnya menangkupkan kedua tangan memberi hormat.
Inilah sajian puncak kolaborasi sepuluh delagasi yang mewakili negaranya,
dalam ASEAN Contemporary Dance Festival (ACDF) 2019 di Auditorium Driyarkara
Universitas Sanata Dharma, Mrican, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 13 Juli.
Tarian kolaborasi ini menerjemahkan misi perhelatan besar ACDF untuk
memperkuat solidaritas dan meningkatkan kesalingpahaman sebagai satu komunitas
bersama di bawah satu bendera, ASEAN. Dikutip dari:
https://nasional.tempo.co/read/1224269/tari-kolaborasi-asean-sukses-terjemahkan-solidaritas
5.
Berdasarkan teks di atas, peran Indonesia dalam kerja
sama ASEAN pada bidang….
a.
budaya
b.
olahraga
c.
politik
d.
pendidikan
Petunjuk Soal:
Bacalah teks di bawah ini!
Para anggota karang taruna berencana untuk membuat poster agar masyarakat
mendapatkan informasi mengenai penyuluhan kesehatan. Hal ini digunakan dalam rangka
pengabdian terhadap perbaikan kondisi kesehatan masyarakat setempat.
6.
Berdasarkan teks di atas,
kalimat yang tepat untuk poster digunakan dalam kegiatan penyuluhan kesehatan
adalah….
a.
kemarin, hari ini, besok dan
seterusnya selalu sehat
b.
mengkonsumsi obat dengan
teratur agar cepat sembuh
c.
menjaga kesehatan diri sama
dengan membantu orang lain menjaga kondisinya
d.
ikuti penyuluhan kesehatan
yang diadakan di puskesmas dengan baik demi menjaga kesehatan
Petunjuk
Soal:
Perhatikan
gambar di bawah ini dengan seksama!
7.
Berdasarkan poster di atas, kriteria
poster yang sudah terpenuhi adalah ….
a.
perpaduan warna yang kuat dan
kontras
b.
berisi sesuatu yang menarik
perhatian orang
c.
memuat komposisi kalimat
tanpa adanya gambar
d.
menggunakan bahasa yang
singkat, padat dan jelas
Petunjuk Soal:
Perhatikan gambar di bawah
ini!
8.
Berdasarkan gambar di atas,
kalimat yang sesuai dengan kriteria poster yang baik dan tepat adalah…
a.
Ayo hemat energi listrik.
b.
Gunakan listrik seperlunya.
c.
Sayangi bumi kita untuk
generasi masa depan.
d.
Hemat energi listrik untuk
generasi masa depan.
Petunjuk
Soal:
Bacalah
beberapa kalimat poster di bawah ini!
1)
Aku Cinta Produk Indonesia
100%.
2)
Aku Cinta Tanah Airku
Indonesia.
3)
Kita Indonesia, Generasi
Millenial.
4)
Ayo Beli Produk dalam Negeri.
5)
Buanglah Sampah pada
Tempatnya.
9.
Bedasarkan pilihan kalimat
poster di atas, kalimat yang sesuai untuk digunakan dalam poster cinta tanah
air terdapat pada nomor ….
a.
1), 2), dan 3)
b.
2), 3), dan 4)
c.
1), 3), dan 5)
d.
1), 2), dan 4)
Petunjuk
Soal:
Perhatikan
gambar di bawah ini!
10.
Poster di atas sudah memenuhi
kriteria yang baik karena ….
a.
poster tersebut menyajikan
gambar 3 orang anak
b.
kalimatnya terlalu singkat,
padat dan tidak jelas
c.
perpaduan gambar dengan
kalimatnya sesuai
d.
gambarnya belum menarik
4) Kunci/jawaban
1.
A
2.
B
3.
D
4.
B
5.
A
6.
D
7.
C
8.
D
9.
D
10. C
5) Pedoman penskoran
Skor |
|
|
1 |
1 |
|
2 |
1 |
|
3 |
1 |
|
4 |
1 |
|
5 |
1 |
|
6 |
1 |
|
7 |
1 |
|
8 |
1 |
|
9 |
1 |
|
10 |
1 |
|
Skor maksimal 10 |
Nilai =
c.
Penilaian Keterampilan
1) Petunjuk kerja
a)
Sajikanlah peta pikiran informasi tentang peran Indonesia dalam
kerja sama lingkup ASEAN yang telah kalian buat dengan percaya diri.
b)
Desainlah poster bertemakan cinta tanah air bersama teman
sekelompokmu.
2) Rubrik penilaian
a)
Menyajikan peta pikiran peran Indonesia
dalam kerja sama ASEAN dinilai dengan rubrik berikut.
Kriteria |
Baik Sekali
(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Bimbingan (1) |
Isi peta pikiran |
Memuat 4 peran Indonesia dalam kerja
sama ASEAN. |
Memuat 3 peran Indonesia dalam kerja
sama ASEAN. |
Memuat 2 peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN. |
Memuat 1 peran Indonesia dalam kerja
sama ASEAN. |
Tampilan peta pikiran |
Peta pikiran berbentuk sistematis, menarik, tulisan
tidak keluar dari kotak serta
tidak banyak coretan. |
Peta pikiran berbentuk sistematis, menarik, tulisan
tidak keluar dari kotak namun terdapat coretan. |
Peta pikiran berbentuk sistematis, menarik, tulisan
keluar dari kotak serta terdapat coretan. |
Peta pikiran berbentuk sistematis namun kurang
menarik, tulisan keluar dari kotak serta terdapat coretan. |
Menyajikan peta pikiran |
Menyajikan peta pikiran
secara runtut, keseluruhan, sesuai arah panah dan percaya diri |
Menyajikan
peta pikiran secara runtut,
keseluruhan, tidak sesuai
arah panah dengan percaya diri |
Menyajikan peta pikiran secara runtut, keseluruhan, tidak sesuai arah panah dengan percaya diri. |
Menyajikan peta pikiran secara runtut, tidak keseluruhan, tidak sesuai arah panah dengan percaya diri. |
b)
Mendesain poster dengan tema cinta tanah air
dinilai dengan rubrik berikut.
Kriteria |
Baik Sekali
(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Bimbingan (1) |
Isi poster |
Gambar poster sesuai tema, komposisi
warna tepat, komposisi ukuran sesuai dan gambar menarik. |
Gambar poster sesuai tema, komposisi
warna tepat, komposisi kurang tepat tetapi ukuran kurang tepat tetapi gambar
menarik |
Gambar poster sesuai tema, komposisi warna dan komposisi ukuran kurang
tepat tetapi gambar menarik. |
Gambar poster sesuai tema, komposisi
warna dan komposisi kurang tepat seta gambar kurang tepat serta gambar kurang
menarik. |
Kalimat ilustrasi dalam poster |
Menggunakan kalimat yang persuasif,
sesuai dengan gambar, baku dan menarik. |
Menggunakan kalimat yang persuasif,
sesuai dengan gambar, baku namun kurang menarik. |
Menggunakan kalimat yang persuasif, baku, namun tidak sesuai dengan
gambar dan kurang menarik. |
Menggunakan kalimat yang persuasif,
tetapi tidak baku, tidak sesuai dengan gambar dan kurang menarik. |
3) Pedoman penskoran
Nilai =
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran
a.
Pembelajaran Remedial
Siswa yang belum mampu merincikan dan
menyebutkan peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN dan menemukan kriteria
poster yang baik diberikan pembelajaran ulang dengan bimbingan guru.
b.
Pengayaan Pembelajaran
Siswa yang sudah mampu merincikan dan
menyebutkan peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN dan menemukan
kriteria poster yang baik diberikan soal latihan lain.
Sambas, 5 November 2022
Kepala Sekolah
GUSTIAN, S.Pd. ALLATIF, S.Pd.
NIP 197203072008011009 NIP 199407032019021002
0 komentar:
Posting Komentar