PEMERINTAH KABUPATEN SAMBAS
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH
DASAR NEGERI 17 SENSENG
KECAMATAN
TEBAS
Alamat: Dusun Senseng Desa Segedong Kec. Tebas Kab. Sambas, Kode Pos
79461
NPSN : 30100193
Nama : …………..
Kelas : VI (enam)
Muatan Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial KD 3.3 dan SBdP KD 3.1
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memberi tanda
silang di depan jawaban a, b, c, atau d dengan jawaban benar!
Bacalah
teks di bawah ini dengan teliti!
Anak-anak asuh Shin Tae-yong sejatinya mampu mengimbangi permainan Timnas
Vietnam U-23 di babak pertama. Meski digempur pasukan Park Hang-seo, Skuad
Garuda sanggup menahan imbang The Golden Star dengan 0–0 hingga turun
minum.
Akan tetapi, kekuatan Vietnam makin tak terbendung
di paruh kedua. Angka pertama bagi kubu tuan rumah tercipta berkat lesakan
Nguyen Tien Linh di menit ke-54. Unggul satu gol dari Timnas Indonesia, The
Golden Star lebih percaya diri melakukan serangan.
Skuad Vietnam kembali menggandakan keunggulan pada
menit ke-73, lewat kerja sama apik di daerah pertahanan Indonesia yang
dituntaskan dengan sontekan Dung do Hing.
1.
Berdasarkan
teks bacaan di atas, merupakan salah satu bentuk peran Indonesia dalam kerja
sama ASEAN pada bidang ….
a.
olahraga
b.
budaya
c.
politik
d.
keamanan
2.
Berikut ini yang merupakan
contoh peran Indonesia dalam kerja sama pada bidang sosial dengan negara ASEAN
adalah ….
a.
mendukung terbentuknya
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
b.
ikut serta membantu menangani
etnis muslim Rohingya di Myanmar
c.
Indonesia ikut serta dalam
pertukaran pelajaran dengan negara-negara ASEAN
d.
menyerap tenaga kerja dan
menjadikan pariwisata menjadi penopang ekonomi terbesar
3. Kegiatan ekspor barang dan jasa
merupakan bentuk kerja sama ASEAN pada bidang….
a. budaya
b. olahraga
c. politik
d. ekonomi
Bacalah teks di bawah ini dengan
teliti!
a.
Penawaran beasiswa pendidikan,
seperti Indonesia yang memberikan pendidikan kedokteran , bahasa, dan seni
untuk mehasiswa terpilih dari negara-negara ASEAN.
b.
ASEAN Council of Teacher
(ACT) sebagai bentuk pertemuan guru-guru dari berbagai negara anggota ASEAN.
Dengan adanya ACT pada pendidik berdiskusi dan berbagai ide-ide untuk
mengembangkan kemampuan guru dan lingkungan belajar global.
c.
Mengadakan olimpiade regional
Asia Tenggara di bidang pendidikan untuk negara-negara anggota ASEAN.
d.
ASEAN-Japan Scholarship Fund,
fasilitas beasiswa untuk negara-negara anggota ASEAN belajar di berbagai
universitas ASEAN dan Jepang.
e.
Adanya program ASEAN-EU Cooperation
and Scholarships Day, di mana memberikan beasiswa kepada negara-negaraa
anggota ASEAN untuk menjalani pendidikan di Eropa khususnya pendidikan tinggi.
Pemberian beasiswa ini tidak hanya untuk mehasiswa, melainkan juga tenaga
pendidik dari ASEAN.
4.
Berdasarkan teks di atas
merupakan peran Indonesia dalam kerja sama ASEAN pada bidang….
a.
budaya
b.
pendidikan
c.
ekonomi
d.
politik
Bacalah
teks di bawah ini dengan seksama!
Formasi lingkaran terbentuk di atas pentas.
Sebanyak 31 penari menjadikannya dinamis karena setiap tubuh melenggok. Di
tengah lingkaran, seorang ibu tua–mewakili mother earth (ibu
pertiwi)–didampingi dua pasang pengawal, laki-laki dan perempuan. Tiba, di bagian
belakang satu penari naik ke pundak rekannya dan mengibarkan bendera ASEAN.
Sontak, 26 penari lainnya menangkupkan kedua tangan memberi hormat. Inilah
sajian puncak kolaborasi sepuluh delagasi yang mewakili negaranya, dalam
ASEAN Contemporary Dance Festival (ACDF) 2019 di Auditorium Driyarkara
Universitas Sanata Dharma, Mrican, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 13 Juli.
Tarian kolaborasi ini menerjemahkan misi perhelatan besar ACDF untuk
memperkuat solidaritas dan meningkatkan kesalingpahaman sebagai satu komunitas
bersama di bawah satu bendera, ASEAN. Dikutip dari: https://nasional.tempo.co/read/1224269/tari-kolaborasi-asean-sukses-terjemahkan-solidaritas
5.
Berdasarkan teks di atas, peran
Indonesia dalam kerja sama ASEAN pada bidang….
a.
budaya
b.
olahraga
c.
politik
d.
pendidikan
Bacalah
teks di bawah ini!
Para
anggota karang taruna berencana untuk membuat poster agar masyarakat mendapatkan
informasi mengenai penyuluhan kesehatan. Hal ini digunakan dalam rangka
pengabdian terhadap perbaikan kondisi kesehatan masyarakat setempat.
6.
Berdasarkan teks di atas,
kalimat yang tepat untuk poster digunakan dalam kegiatan penyuluhan kesehatan
adalah….
a.
kemarin, hari ini, besok dan
seterusnya selalu sehat
b.
mengkonsumsi obat dengan
teratur agar cepat sembuh
c.
menjaga kesehatan diri sama
dengan membantu orang lain menjaga kondisinya
d.
ikuti penyuluhan kesehatan yang
diadakan di puskesmas dengan baik demi menjaga kesehatan
Perhatikan gambar di bawah ini
dengan seksama!
7.
Berdasarkan poster di atas, kriteria
poster yang sudah terpenuhi adalah ….
a.
perpaduan warna yang kuat dan
kontras
b.
berisi sesuatu yang menarik
perhatian orang
c.
memuat komposisi kalimat tanpa
adanya gambar
d. menggunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas
Perhatikan gambar di bawah ini!
8.
Berdasarkan gambar di atas,
kalimat yang sesuai dengan kriteria poster yang baik dan tepat adalah…
a.
Ayo hemat energi listrik.
b.
Gunakan listrik seperlunya.
c.
Sayangi bumi kita untuk
generasi masa depan.
d.
Hemat energi listrik untuk
generasi masa depan.
Bacalah
beberapa kalimat poster di bawah ini!
1)
Aku Cinta Produk Indonesia
100%.
2)
Aku Cinta Tanah Airku
Indonesia.
3)
Kita Indonesia, Generasi
Millenial.
4)
Ayo Beli Produk dalam Negeri.
5)
Buanglah Sampah pada Tempatnya.
9.
Bedasarkan pilihan kalimat
poster di atas, kalimat yang sesuai untuk digunakan dalam poster cinta tanah
air terdapat pada nomor ….
a.
1), 2), dan 3)
b.
2), 3), dan 4)
c.
1), 3), dan 5)
d. 1), 2), dan 4)
Perhatikan
gambar di bawah ini!
10.
Poster di atas sudah memenuhi
kriteria yang baik karena ….
a.
poster tersebut menyajikan
gambar 3 orang anak
b.
kalimatnya terlalu singkat,
padat dan tidak jelas
c.
perpaduan gambar dengan kalimatnya
sesuai
d.
gambarnya belum menarik
0 komentar:
Posting Komentar