Praktik fasilitasi dalam sesi pembelajaran di kelas
Fasilitator Pembelajaran – Praktik fasilitasi dalam sesi pembelajaran di kelas [Guru]
Praktik fasilitasi dalam sesi pembelajaran di kelas [Guru]
- Susunlah rencana fasilitasi pembelajaran untuk sebuah topik dari mata pelajaran yang Anda ampu.
- Pilihlah 1 metode fasilitasi dari video praktik fasilitasi yang menurut Anda menarik untuk dicoba, yaitu:
- See, Think, Wonder
- Brainstorming
- Gallery Walk
- Structured Go Around
3. Pelajari langkah - langkah yang perlu Anda lakukan untuk mempraktikkan metode tersebut.
4. Susunlah Rencana Alur fasilitasi dengan menggunakan seperti format terlampir.
5. Praktikan rencana fasilitasi Anda
6. Dokumentasikan sesi fasilitasi Anda (foto) agar dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas fasilitasi Anda.
7. Setelah selesai, berikan pertanyaan refleksi pada peserta didik sebagai umpan balik, dengan pertanyaan berikut ini:
- Apakah kamu nyaman dengan cara gurumu membawakan sesi tersebut?
- Apakah kamu merasa mendapat kesempatan untuk berpartisipasi aktif?
- Apakah kamu mau melakukan sesi belajar dengan cara yang sama lagi?
8. Unggah dokumen aksi nyata Anda dalam bentuk PDF yang berisikan:
- Rencana alur fasilitasi dalam bentuk PDF
- Umpan balik murid dalam bentuk foto dokumen umpan balik yang diisi atau dokumen catatan guru akan jawaban murid (jika murid menjawab secara lisan)
- Dokumentasi kegiatan (dalam bentuk foto)
Deskripsi
2. Hal yang menarik yang tidak saya duga sebelumnya adalah hasil dari evaluasi yang saya lakukan nilai murid rata-rata semuanya mendapatkan nilai di atas standar, jadi saya merasa dengan pembelajaran yang memfasilitasi mereka berdampak besar terhadap tujuan pembelajaran, dan juga yang tidak saya duga mereka sangat senang dan antusias dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran berjalan sangat aktif.
3. Perbedaan yang paling jelas adalah guru sebagai fasilitator lebih sedikit berbicara atau menjelaskan dan aktivitas lebih banyak kepada murid, guru hanya memberikan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat membangun pengetahuan peserta didik.
Refleksi
- perubahan sikap pada murid yaitu mereka sangat senang dan ingin terus belajar seperti itu ketika saya melakukan refleksi kepada murid saya.
2. Pengetahuan yang saya dapatkan yaitu teori-teori tentang coaching dan fasilitotor dalam proses pembelajaran serta saya juga dapat menerapakannya secara langsung kepada murid yang berdampak pada diri saya khususnya dalam melakukan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran.
3. Saya akan melaksanakan secara berkelanjutan proses pembelajaran seperti ini dan membuat rencana tindak lanjutnya.
0 komentar:
Posting Komentar