Sabtu, 20 Januari 2024

Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar(PMM) Perencanaan Pembelajaran

Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar(PMM) Perencanaan Pembelajaran

Aksi nyata ini khusus dilakukan oleh Guru. Jika memilih aksi nyata ini, maka dapat melakukan hal-hal berikut:
  • Pahami dokumen Capaian Pembelajaran (CP) mata pelajaran yang Anda ampu.
  • Rumuskanlah beberapa kalimat Capaian Pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran untuk satu fase.
  • Anda diperbolehkan berkolaborasi bersama guru satu mapel dalam 1 fase.
  • Komunikasikan hasil rumusan (poin 2) kepada rekan Anda (boleh sesama guru mapel, kepala sekolah, atau pengawas sekolah).
  • Mintalah umpan balik secara tertulis dan lampirkan dokumentasinya (jumlah umpan balik minimal 3 orang). Umpan balik tersebut mencakup 2 pertanyaan sebagai berikut:
  1. Apakah tujuan pembelajaran sudah menunjukkan kompetensi yang perlu murid capai? Jelaskan alasannya.
  2. Apakah tujuan pembelajaran selaras dengan kompetensi dalam Capaian Pembelajaran? Jelaskan alasannya.
  • Unggah bukti dalam 1 dokumen yang berisi:
  1. Cuplikan kalimat Capaian Pembelajaran dan hasil rumusan tujuan pembelajaran (poin no 2)
  2. Dokumentasi umpan balik (poin no 5)

 Deskripsi

Capaian Pembelajaran untuk mata pelajaran apa yang Anda ambil?
Capaian pembelajaran pada mata pelajaran Matematika

Pertimbangan apa saja yang memengaruhi Anda dalam merumuskan tujuan pembelajaran?
1. Karateristik mata pelajaran
2. Konsep/ topik yang dipelajari
3. Karateristik murid
4. Kontek lingkungan pembelajaran

Siapa saja yang Anda libatkan dalam perumusan ini?
Saya secara mandiri merumuskan tujuan pembelajaran ini setelah itu saya konsultasikan kepada kepala sekolah.


Refleksi

Apa perubahan sikap yang Anda alami saat melakukan aksi nyata ini?
Saya mengetahui dan memahami cara merencanakan pembelajaran.

Apa pengetahuan baru yang didapatkan dari proses ini?
Sebelum merancang pembelajaran yang harus kita lakukan yang pertama yaitu memahami capaian pembelajaran, kemudian merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran yang merupakan turunan dari TP kemudian baru kita dapat merancang pembelajaran.

Apa keterampilan baru yang didapatkan dari proses ini?
Keterampilan dalam merencanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka.

Apa hal berbeda yang akan Anda terapkan setelah melakukan aksi nyata ini?
Hal berbeda yang akan saya terapkan adalah menerapkan proses pembelajaran dengan alur tujuan pembelajaran yang baru dengan memperhatikan 4 aspek yaitu
1. Karateristik mata pelajaran
2. Konsep/ topik yang dipelajari
3. Karateristik murid
4. Kontek lingkungan pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran saya mudah untuk tercapai.





Template Canva Aksi Nyata Platform Merdeka Mengajar(PMM) Perencanaan Pembelajaran
Pilihan Aksi Nyata Membuat/ Memodifikasi Rancangan Tujuan Pembelajaran

Silahkan klik file, kemudian buat salinan supaya desain kita tidak dapat diganggu orang lain yang mengaksesnya juga.

Silahkan bapak/ ibu ganti saja cover, halaman profil, foto-fotonya dan jangan lupa tambahkan umpan baliknya.

0 komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Dalam modul 3.1.a.8 materi Koneksi antar materi ini secara garis besar menjelaskan mengenai   dua hal : 1. Bagaimana nilai-nilai atau prin...