Aksi Nyata Transisi PAUD-SD 1: Penguatan di Awal Tahun Ajaran Baru
Pilihan Aksi Nyata : Strategi PPDB yang mendukung penguatan transisi PAUD-SD (khusus untuk jenjang SD)
Strategi PPDB yang mendukung penguatan transisi PAUD-SD (khusus untuk jenjang SD)
- Ajaklah minimal 2 rekan sejawat dan/atau kepala sekolah di satuan Anda untuk berdiskusi.
- Diskusikanlah strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD tempat Anda mengajar dengan pertanyaan pemantik sebagai berikut :
a. Apakah melalui PPDB Anda dapat mengenal kebutuhan peserta didik?
b. Apa dampak melakukan tes calistung kepada anak di masa PPDB?
c. Apa alternatif kegiatan selain tes calistung yang dapat mendukung penguatan transisi PAUD-SD?
d. Ceritakan hasil diskusi Anda yang sudah tidak menggunakan tes calistung dalam bentuk slide (PPT) atau video
Unggah dokumen Aksi Nyata Anda, yaitu :
a. Video (3-7 menit) atau Slide PDF opini dari rekan diskusi terkait ‘Mengapa PPDB tidak menggunakan tes calistung?' (jika memungkinkan, lebih disarankan untuk membuat dalam bentuk video).
b. Dokumentasi kegiatan diskusi Anda yang dilakukan dalam bentuk PDF
Deskripsi :
Bagaimana praktik PPDB di sekolah Anda? Apakah masih menggunakan tes calistung?
Anak (serta orang tua) dengan dikenalkan dengan lingkungan belajarnya agar dapat merasa nyaman dalam kegiatan pembelajaran.
Sekolah dengan anak melalui kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mendapatkan potret capaian siswa melalui asesmen aawal, dan digunakan sebagai basis perancangan kegitaan pembelajaran selanjutnya, jadi PPDB di sekolah kami tidak menggunakan calistung,
Kegiatan PPDB seperti apa yang Anda buat berbeda dari kegiatan PPDB sebelumnya di satuan Anda?
Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang lebih bermakna, menyenangkan, melalui permainan-permainan sambil mengenali lingkungan dan temannya, dengan gambar poster-poster yang menarik.
Refleksi :
Hal apa yang Anda pelajari dari proses kegiatan ini?
Cara menciptakan suasana yang menyenangkan dalam masa transisi murid PAUD-SD, dengan memberikan pelayanan dan menerapkan stratefi yang maksimal berdasarkan materi dan video yang telah saya pelajari pada modul ini.
Bagian mana yang mengubah Anda?
Cara melaksanakan masa pengenalan lingkungan sekolah, jadi tidak lagi seperti dahulu yang langsung belajar berhitung, membaca, dan mengetes kemampuan berhitung dan membaca mereka, ternyata yang dilakukan awal masa transisi itu kurang tepat.
Apa langkah konkrit Anda selanjutnya?
Akan menerapkan strategi Strategi PPDB yang mendukung penguatan transisi PAUD-SD baik dalam PPBD maypun dalam pembelajaran yang akan berlangsung setelahnya, dengan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk murid.
Silahkan bapak/ ibu ganti saja cover, halaman profil, foto-fotonya dan jangan lupa tambahkan umpan baliknya.
0 komentar:
Posting Komentar