Kamis, 01 Februari 2024

Aksi Nyata Transisi PAUD-SD 1: Penguatan di Awal Tahun Ajaran Baru

 

Strategi PPDB yang mendukung penguatan transisi PAUD-SD (khusus untuk jenjang SD)


Transisi PAUD-SD 1: Penguatan di Awal Tahun Ajaran Baru – Strategi PPDB yang mendukung penguatan transisi PAUD-SD (khusus untuk jenjang SD)

Strategi PPDB yang mendukung penguatan transisi PAUD-SD (khusus untuk jenjang SD)

  1. Ajaklah minimal 2 rekan sejawat dan/atau kepala sekolah di satuan Anda untuk berdiskusi.
  2. Diskusikanlah strategi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD tempat Anda mengajar dengan pertanyaan pemantik sebagai berikut : 

a. Apakah melalui PPDB Anda dapat mengenal kebutuhan peserta didik?

b. Apa dampak melakukan tes calistung kepada anak di masa PPDB?

c. Apa alternatif kegiatan selain tes calistung yang dapat mendukung penguatan transisi PAUD-SD?

d. Ceritakan hasil diskusi Anda yang sudah tidak menggunakan tes calistung dalam bentuk slide (PPT) atau video


Unggah dokumen Aksi Nyata Anda, yaitu : 

a. Video (3-7 menit) atau Slide PDF opini dari rekan diskusi terkait ‘Mengapa PPDB tidak menggunakan tes calistung?' (jika memungkinkan, lebih disarankan untuk membuat dalam bentuk video).

b. Dokumentasi kegiatan diskusi Anda yang dilakukan dalam bentuk PDF

Deskripsi

1. Satuan pendidikan kami selama menggunakan kurikulum merdeka tidak ada lagi tes calistung untuk anak PAUD yang masuk sekolah dasar, kami lebih menfokuskan atau mengembangkan kemampuan fondasi yaitu pada kematangan kognitif yang cukup yang melakukan kegiatan belajar.

2. Kegiatan PPDB yang kami lakukan itu seperti
a. Ayo membilang bombik sesuai simbol angka 1-10
b. Asyiknya menurutkan benda sesuai jumlahnya
c. Aku bisa menyebutkan huruf awal dari nama teman kelasku.
d. Aku bisa menyebutkan jumlah huruf nama panggilanku.
e. Ayo, temukan aku
f. Angka berpa yang akan kamu buat?

dari ke enam kegiatan di atas, yang pasti dilakukan dengan cara menyenangkan dan tidak memaksakan murid.

Refleksi

1.Hal yang dipelajari yaitu bagaimana membuat strategi MPLS transisi PAUD-SD yang menyenangkan, dan juga memahami alasan-alasan tidak perlunya tes calistung pada anak masuk sekolah.

2. Yang mebgubah saya yaitu dapat membuat strategi PPDB sesuai dengan ketentuan dan strategi MPLS yang menyenangkan.

3. Akan melaksanakan aksi nyata selanjutnya yaitu Transisi PAUD-SD 2: Penguatan melalui Pembelajaran yang Menyenangkan



0 komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Koneksi Antar materi - Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin

Dalam modul 3.1.a.8 materi Koneksi antar materi ini secara garis besar menjelaskan mengenai   dua hal : 1. Bagaimana nilai-nilai atau prin...